Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorTP-PKK Kabupaten Bogor Kembali Turun Ke Desa Lakukan Monev Lomba

TP-PKK Kabupaten Bogor Kembali Turun Ke Desa Lakukan Monev Lomba

Bogordaily.net – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bogor kembali melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Tingkat Kabupaten Bogor tahun 2022, kali ini giliran PKK , Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Monev dipimpin langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Halimatusadiyah Iwan pada, Selasa 9 Agustus 2022. Itu dilakukan untuk menggaungkan 10 pokok program PKK, agar dapat diimplementasikan dengan maksimal oleh seluruh TP-PKK Kecamatan dan TP-PKK Desa di Kabupaten Bogor, tidak hanya TP-PKK Desa terbaik saja.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Halimatusadiyah Iwan mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat bersama ketua tim 1,2,3 dan 4 dari 40 kecamatan hanya delapan desa yang masuk penilaian monitoring evaluasi salah satunya Kecamatan Bojonggede, sebelumnya Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi yang juga terpilih sebagai lokasi Monev.

“Karena luasnya wilayah Kabupaten Bogor, jadi kami bagi kedalam empat tim berdasarkan hasil rapat dan penilaian langsung tidak hanya karena KWT nya yang bagus, tapi kami lakukan penilaian secara keseluruhan, dari 40 Kecamatan hanya 8 desa yang masuk sebagai lokasi monev kami,” ungkap Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor.

Menurutnya, 10 Pokok PKK ini sangat penting untuk dipahami oleh seluruh pihak tidak hanya TP-PKK Kecamatan dan TP-PKK Desa saja.

Melalui kegiatan Monev Tingkat Kabupaten Bogor diharapkan mampu meningkatkan komitmen TP-PKK Kecamatan dan Desa dalam mengimplementasikan 10 Program PKK kepada para kader dan masyarakat luas.

Terlebih TP-PKK Kecamatan merupakan kepanjangan tangan dari TP-PKK Kabupaten Bogor, sementara TP-PKK Desa merupakan kepanjangan tangan dari TP-PKK Kecamatan.

“Ini sangat penting, bahkan dalam setiap pertemuan kami ke kecamatan dan desa selalu mengingatkan untuk menetapkan jadwal sosialisasi bersama para kader TP-PKK Desa untuk mengoptimalkan implementasi 10 pokok program PKK,” tandasnya.

Lanjut Halimatusadiyah Iwan menerangkan bahwa monev merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan di setiap daerah termasuk di Kabupaten Bogor, sebagai upaya untuk mengetahui sejauhmana program-program PKK yang dikelola dapat menyentuh kepentingan kesejahteraan rakyat, serta sebagai upaya untuk melahirkan desa terbaik dengan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan 10 Program PKK guna mendorong kesejahteraan dan ketahanan keluarga di Kabupaten Bogor.

“Selain dapat mengevaluasi sejauhmana program-program PKK yang sudah kami kelola ini dapat menyentuh kepentingan kesejahteraan rakyat. Juga jadi sarana kami untuk menyempurnakan program kerja kami, melalui monev ini kami harap dapat membangkitkan semangat kader PKK di desa untuk menggali seluruh potensi yang dimiliki,” ungkap Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor.

Selanjutnya, Camat Bojonggede, Edy Suwito menyatakan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua TP-PKK beserta tim monev yang telah berkenan melakukan monev langsung ke Kecamatan Bojonggede.

Melalui kegiatan itu dapat meningkatkan semangat para kader, anggota pengurus TP-PKK selain dapat mendorong kesetaraan gender, pemulihan ekonomi serta menciptakan ketahanan keluarga yang sejahtera, salah satunya melalui implementasi 10 pokok Program PKK di juga Kecamatan Bojonggede.

“Semoga kegiatan ini bisa lebih mendorong pemberdayaan masyarakat, kami harap monev ini ini bisa jadi tolak ukur untuk lebih memotivasi masyarakat ke depannya. Supaya lebih bersemangat lagi, juara bukan harapan kami satu-satunya tapi harapan kami menjadi yang terbaik, terbaik dalam segala hal baik SDM, ekonomi, kesejahteraan, ketahanan keluarga dan lainnya,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan, Kades Waringinjaya Rohmat mengatakan, terima kasih kepada Ketua TP-PKK dan tim penilai atas terpilih dan masuknya Kecamatan Bojonggede kedalam delapan besar lokasi penilaian monitoring evaluasi .

“Harapan kami kedepan bisa jadi yang terbaik tidak hanya tingkat Kabupaten Bogor tetapi berlanjut ketingkat Provinsi Jabar,” tukas Rohmat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here