Friday, 26 April 2024
HomeTravellingTravelling, Wisata Sekaligus Kulineran di Panorama Tabek Patah yang Mempesona

Travelling, Wisata Sekaligus Kulineran di Panorama Tabek Patah yang Mempesona

Bogordaily.net – Tempat yang satu ini sungguh indah. Menyuguhkan alam yang sejuk serta pemandangan yang memepersona. Nama tempatnya Panorama Tabek Patah, letaknya di Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Dekat Batusangkar, ibukota dari kabupaten Tanah Datar. Tempat ini masuk salah satu rekomendasi Sumatera Barat.

Menurut cerita warga dinamakan Tabek Patah karena konon ada seorang kakek yang hidup dengan kaki yang patah dan beliau mempunyai kolam yang cukup besar.

Kolam dalam bahasa Minang disebut Tabek, sehingga disebutlah daerah Tabek Patah. Ada versi lain yang mengatakan dahulu daerah ini ada sebuah kolam besar atau tabek selanjutnya tabek ini berpisah menjadi dua telaga yaitu Talago Ferns dan Talago Aia Taganang (air tergenang) oleh karena itu patahan kedua telaga itu disebut Tabek Patah.

Bagaimana menuju lokasi?

Panorama Tabek Patah terletak di jalan Raya Batusangkar, Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar. Objek ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore.

Jika dari bandara Minangkabau ambil rute kearah Bukittinggi, menempuh jarak sekitar 2 jam 50 menit atau sekitar 93 km. Untuk di lokasi sendiri kita dapat menemukan berbagai macam spot instagramable yang bagus untuk berfoto.

Ada spot sepeda gantung dan gardu pandang ataupun rumah pohon kita bisa mengabadikan keindahan kota Batusangkar ataupun menyaksikan keindahan alam yang tiada tara berupa bukit dan gunung yang membentang, serta hutan pinus yang luas.

Fasilitas Panorama Tabek Patah

Di lokasi sendiri juga sudah dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi dan WC umum yang cukup bersih dan memadai, serta musholla, juga disediakan Gazebo untuk duduk bersantai bersama keluarga atau rombongan.

Setelah puas berfoto ria, itu kita juga bisa menikmati sajian kuliner yang nikmat dan sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah kopi KINIKO yang nikmatnya sungguh menggoda.

Jika kita belum puas bermain di sini, di sebelah Panorama Tabek Patah ini juga disediakan area Off Road di tengah perbukitan pinus dan area untuk out bond. Untuk penginapan terdekat ada sekitar 25 km dari lokasi berupa homestay Siti syariah. Harganya pun tidak terlalu mahal sekitar 160- 200 ribuan permalam.***

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here