Wednesday, 24 April 2024
HomeViralVideo Abu Bakar Baasyir Mengakui Pancasila Viral

Video Abu Bakar Baasyir Mengakui Pancasila Viral

Bogordaily.net – Video mantan narapidana kasus terorisme atas pengakuannya tentang Pancasila.

Video itu berisi pengakuannya kembali pada Pancasila sebagai dasar negara di Republik Indonesia.

Seperti yang terlihat pada akun Facebook KataKita, Selasa 2 Agustus 2022, tampak pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah itu tengah berkhotbah.

Dalam khotbahnya itulah, mengakui dirinya kini menerima Pancasila sebagai dasar negara.

“Indonesia berdasarkan Pancasila itu… mengapa disetujui ulama?” kata dalam video itu.

Dia lantas melanjutkan, “Karena dasarnya adalah tauhid, Ketuhanan yang Maha Esa. Ini pun pengertian saya yang terakhir.”

juga mengakui, dulu ia sempat memegang doktrin bahwa Republik Indonesia adalah negara syirik menurut Islam karena berdasarkan Pancasila.

“Dulunya saya, wah Pancasila itu syirik. Saya begitu dulu. Tapi setelah saya pelajari selanjutnya, tidak mungkin ulama menyetujui dasar negara syirik… itu tidak mungkin. Karena ulama itu mesti niatnya ikhlas,” kata mengakhiri khotbahnya.

Setelah bebas murni dari Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mantan terpidana kasus terorisme memang berniat fokus berdakwah di rumah sambil mengurusi pesantren.

Hal ini ditegaskan Abdul Rahim Baasyir, anak dari , dalam wawancara pada hari Sabtu 9 Januari 2021 lalu.

Meskipun demikian, Rahim menegaskan kalau kemungkinan dakwah ayahnya tidak akan semasif dulu.

“Aktivitasnya di rumah aja, dakwah di sekitar (pondok) lihat kondisi kesehatan beliau,” kata Abdul Rahim Baasyir, dikutip suara dari Antara, Sabtu 09 Januari 2021.

Ia menjelaskan, ayahnya itu akan lebih banyak di rumah, berdakwah tidak semasif dulu mengingat usianya yang kini sudah lebih dari 80 tahun.

“Kalau rencana beliau sih akan lebih banyak fokus di pesantren. Dakwah secara umum, tidak seperti dulu harus ke mana-mana, sudah tidak memungkinkan itu kondisinya,” katanya.

Abdul Rahim juga mengatakan kalau ayahnya nampak senang ketika rombongan menjemputnya untuk pulang dari Lapas Gunung Sindur.

“Ekspresinya ya beliau gembira, senang. Kalau sampai sujud syukur nggak sampai begitu. Cuma memang beliau senang saja, kemudian memberi pelukan sama saya. Begitu keluar, yang mulai diajak bicara petugas, karena keluar dari pintu kan ketemunya petugas,” katanya.

Untuk diketahui, Baasyir meninggalkan Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, seusai melaksanakan shalat subuh sekitar pukul 05.21 WIB, Jumat (8/1/2021) setelah dinyatakan bebas murni.***

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here