Wajah Baru Kota Tua, Kini Ramah Pejalan Kaki

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Wisata · 28 Agu 2022 16:02 WIB

Wajah Baru Kota Tua, Tempat Bersejarah yang Kini Ramah Pejalan Kaki


 Wajah baru Kota Tua di Jakarta. (Twitter/@aniesbaswedan/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Wajah baru Kota Tua di Jakarta. (Twitter/@aniesbaswedan/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Kawasan Kota Tua di Jakarta sempat ditutup lantaran revitalisasi. Kini setelah sempat ditutup dan pengunjung dibatasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan wajah baru Kota Tua yang sudah bisa dinikmati warga Jakarta dan sekitarnya.

Berdasarkan potret Kota Tua terbaru yang dibagikan Anies, terlihat area bersejarah di Indonesia ini lebih banyak memiliki ruang publik dan area khusus pejalan kaki yang lebih luas.

Bahkan, sebagaimana dilansir Suara.com, jika sebelumnya dari Stasiun Jakarta Kota terlihat hilir mudik kendaraan bermotor untuk menuju kota tua atau Museum Fatahillah, kini jalan sepenuhnya dikhususkan untuk pejalan kaki.

Khusus di area baru ini, semakin banyak disediakan ruang publik mulai tempat duduk umum, hingga area rumput hijau di tengah hingga pepohonan di pinggir jalan.

Wajah baru Kota Tua di Jakarta. (Twitter/@aniesbaswedan/Suara.com/Bogordaily.net)

“Revitalisasi Kota Tua menjelang tuntas, namun sudah bisa kita nikmati. Mari kita jaga ketertiban, jaga kebersihan, ingatkan sesama. Lebih nyaman ke Kota Tua dengan naik transportasi umum terintegrasi, atau bersepeda. Selamat menikmati #WajahBaruKotaTua,” tulis @aniesbaswedan melalui unggahannya.

Selain itu tempat ini juga terlihat lebih tertib, meski ada beberapa tenda khusus untuk pameran atau berjualan di dekat Stasiun Jakarta Kota.

Terlihat juga ornamen desain menyerupai jalan raya di area pejalan kaki, area tersebut nantinya bisa digunakan sebagai jalur pesepeda atau wisatawan yang menikmati sepeda ontel di sekitar kawasan Kota Tua.

Tak perlu khawatir, karena area kendaraan bermotor tetap tersedia di dekat stasiun Jakarta Kota, dan tetap tersedia halte untuk menggunakan layanan bis Transjakarta, tapi area untuk pejalan kaki lebih banyak dan luas.

“#RevitalisasiKotaTua dirancang untuk menghadirkan kawasan wisata yang memanusiakan pejalan kaki, berorientasi pada mobilitas yang aktif dan setara untuk semua, serta ramah lingkungan (rendah emisi),” tutup Anies.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Chillax Resmi Dibuka, Tongkrongan ala Eropa di Selatan Jakarta

1 Desember 2022 - 20:45 WIB

Jadi Lokasi Pernikahan Kaesang dan Erina, Ini Sejarah Pura Mangkunegaran

1 Desember 2022 - 11:54 WIB

Candi Jiwa Karawang, Wisata Sejarah di Jawa Barat: Lokasi dan Rute

30 November 2022 - 12:33 WIB

Siap-Siap, Bali Bakal Jadi Wisata Kesehatan

29 November 2022 - 23:02 WIB

Review Wisata Anak Kuntum Farmfield Bogor, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

28 November 2022 - 22:53 WIB

Kuntum Farmfield

Mau Liburan Bareng Keluarga? Ke Marcopolo Water Adventure Aja!

27 November 2022 - 21:51 WIB

Trending di Wisata