Thursday, 25 April 2024
HomeTravellingWajah Baru Kota Tua, Tempat Bersejarah yang Kini Ramah Pejalan Kaki

Wajah Baru Kota Tua, Tempat Bersejarah yang Kini Ramah Pejalan Kaki

Bogordaily.net–  Kawasan di sempat ditutup lantaran revitalisasi. Kini setelah sempat ditutup dan pengunjung dibatasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan wajah baru yang sudah bisa dinikmati warga Jakarta dan sekitarnya.

Berdasarkan potret terbaru yang dibagikan Anies, terlihat area bersejarah di Indonesia ini lebih banyak memiliki ruang publik dan area khusus pejalan kaki yang lebih luas.

Bahkan, sebagaimana dilansir Suara.com, jika sebelumnya dari Stasiun Jakarta Kota terlihat hilir mudik kendaraan bermotor untuk menuju atau Museum Fatahillah, kini jalan sepenuhnya dikhususkan untuk pejalan kaki.

Khusus di area baru ini, semakin banyak disediakan ruang publik mulai tempat duduk umum, hingga area rumput hijau di tengah hingga pepohonan di pinggir jalan.

Wajah baru di Jakarta. (Twitter/@aniesbaswedan/Suara.com/Bogordaily.net)

“Revitalisasi menjelang tuntas, namun sudah bisa kita nikmati. Mari kita jaga ketertiban, jaga kebersihan, ingatkan sesama. Lebih nyaman ke dengan naik transportasi umum terintegrasi, atau bersepeda. Selamat menikmati #WajahBaruKotaTua,” tulis @aniesbaswedan melalui unggahannya.

Selain itu tempat ini juga terlihat lebih tertib, meski ada beberapa tenda khusus untuk pameran atau berjualan di dekat Stasiun Jakarta Kota.

Terlihat juga ornamen desain menyerupai jalan raya di area pejalan kaki, area tersebut nantinya bisa digunakan sebagai jalur pesepeda atau wisatawan yang menikmati sepeda ontel di sekitar kawasan .

Tak perlu khawatir, karena area kendaraan bermotor tetap tersedia di dekat stasiun Jakarta Kota, dan tetap tersedia halte untuk menggunakan layanan bis Transjakarta, tapi area untuk pejalan kaki lebih banyak dan luas.

“#RevitalisasiKotaTua dirancang untuk menghadirkan kawasan yang memanusiakan pejalan kaki, berorientasi pada mobilitas yang aktif dan setara untuk semua, serta ramah lingkungan (rendah emisi),” tutup Anies.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here