Friday, 26 April 2024
HomeKulinerWajib Dicicipi, 5 Kuliner Khas Bogor di Surken No 1 Bisa Jadi...

Wajib Dicicipi, 5 Kuliner Khas Bogor di Surken No 1 Bisa Jadi Oleh-oleh Calon Mertua

Bogordaily.net khas Bogor punya segudang cita rasa yang sangat menggugah selera. Meski sederhana tapi soal rasa jangan pernah ditanya.

Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat tak lupa juga minumanannya. Deretan khas Bogor ini bisa Anda jumpai di jalan Surya Kencana. Tempat jajanan legendaris di Kota Bogor.

Kawasan ini dikenal sebagai kawasan pecinan di Kota Bogor, selain sebagai pusat bisnis juga dikenal sebaga pusat jajanan. Makanan enak dan khas Kota Bogor ada di sini.

Berikut beberapa yang ada di Jalan Suryakencana Bogor yang wajib kalian cicipi.

1 Martabak Encek

Martabak satu ini adalah martabak legendaris di Jalan Suryakencana Bogor. Satu hal yang menarik dari martabak ini adalah proses pembuatannya yang masih menggunakan arang. Martabak Encek terkenal memiliki tekstur yang empuk juga lembut. Kalau kalian sedang berada di Kota Hujan, sempatkan mampir ke Jalan Suryakencana No. 289 untuk mencicipi martabak legendaris ini. Cukup bermodalkan uang sebesar 40 ribu hingga 60 ribu rupiah, satu loyang martabak siap kalian bawa pulang.

2 Lumpia Basah Gang Aut

Lumpia basah satu ini memiliki isian yang berbeda dari lumpia pada umumnya. Lumpia Basah Gang Aut menggunakan cacahan bengkoang, tahu, taoge, ebi giling, dan telur. Penyajiannya pun nggak perlu digulung layaknya lumpia khas Semarang, melainkan isian lumpia hanya ditaruh di atas adonan kulit.

Jika pengin menikmati sensasi makan lumpia basah, kalian bisa mampir ke Jalan Suryakencana No. 307. Fyi, ini sudah ada sejak tahun 1972

3 Combro Atmajaya

Nggak afdal rasanya kalau datang ke Kota Hujan, tapi belum mencicipi satu ini. Iya, Combro Atmajaya masuk dalam daftar yang wajib dicicipi saat main ke Jalan Suryakencana Bogor.

ini terbuat dari singkong yang diisi dengan oncom berbumbu pedas, lalu digoreng. Kalian bakal merasakan sensasi gurih dan pedas saat mengunyahnya. Cukup bawa uang 5 ribu rupiah, kalian sudah bisa menikmati combro yang gurih ini.

4 Laksa Gang Aut Mang Wahyu

Laksa adalah yang berasal dari kebudayaan Melayu dan Tionghoa, Di Indonesia, ada dua jenis laksa yang cukup terkenal, yakni laksa Bogor dan laksa Betawi. Di Jalan Suryakencana Bogor, juga ada penjual laksa Bogor yang cukup legendaris, namanya Laksa Gang Aut Mang Wahyu.

Seporsi laksa Bogor di tempat ini berisikan irisan ketupat, kemangi, taoge, tahu, dan oncom yang kemudian disiram dengan kuah kental yang terbuat dari berbagai rempah. Bumbu rempah yang digunakan untuk membuat kuah laksa biasanya bumbu kuning, santan, dan kelapa yang diparut serta dihaluskan. Laksa Mang Wahyu kini sudah dikelola generasi ketiga, kebayang kan setua apa laksa ini? Kalau kalian penasaran dengan laksa Bogor, kalian bisa langsung datang ke Gang Aut di Jalan Suryakencana.

5 Es Pala Pak Ujang

selanjutnya yang wajib dicicipi saat main ke Jalan Suryakencana Bogor adalah Es Pala Pak Ujang. Seperti namanya, es satu ini terbuat dari buah pala yang sudah diparut kemudian disiram air gula dan diberi serutan es batu. Kedai minuman ini sudah dikelola oleh generasi kedua. Meski begitu, rasa es palanya tetap khas dan nggak berubah.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here