Wajib Tahu! 3 Hal Penting Sebelum Rafting!

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

TERKINI ยท 5 Agu 2022 15:19 WIB

Wajib Tahu! 3 Hal Penting Sebelum Rafting!


 Wajib Tahu! 3 Hal Penting Sebelum Rafting! Perbesar

Bogordaily.netRafting kini mulai jadi trend jadi daftar kegiatan saat travelling juga jadi destinasi wisata. Bagi pemula harus memerhatikan tiga hal penting ini sebelum meluncur.

Rafting alias ORAD (Olahraga Arus Deras) masuk dalam salah satu olahraga ekstrem no 2 di dunia.

Walaupun begitu, hakikat rafting sebagai salah satu olahraga yang cukup berbahaya gak bakal hilang begitu aja. Jadi, kamu pun harus tetap punya persiapan sebelum melakukan pengarungan.

Tapi, kegiatan rafting juga bisa dinikmati sebagai pariwisata dengan memanfaatkan sungai yang memiliki arus yang cukup ramah bagi manusia.

Berikut 3 hal Penting sebelum melakukan rafting!

1. Menguasai Dasar-dasar Pengarungan

Nah, sebelum terjun ke sungai kamu wajib banget belajar dasar-dasar ORAD. Mulai dari mendayung, naik perahu, mengatasi problem di tengah pengarungan, dan lain-lain. Mendayung perahu biarpun kelihatannya sepele, punya dampak yang berbeda bagi jalannya perahu. Salah-salah, perahu bisa saja terbalik.

Selain teknik mendayung, kamu juga perlu mengetahui fungsi perlengkapan yang wajib kamu pakai. Jangan sampai kamu meremehkan perlengkapan tersebut karena itu bisa berbahaya. Utamanya jangan pernah melupakan helm, pelampung, dan juga sepatu (minimal gunakan sandal gunung).

2. Ditemani oleh Profesional

Ingat ya, ORAD bukan kegiatan yang sangat sepele sampai kalian mau nekat jalan sendiri. Setidaknya kalian harus ditemani 1 orang yang benar-benar pro di bidang ini. Karena mau bagaimanapun, yang kalian hadapi adalah alam. Dan alam bukan sesuatu yang mudah untuk diprediksi.

3. Survei Medan

Melakukan survei medan adalah hal wajib sebelum turun ke sungai. Hal ini adalah untuk meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan atau cidera yang bisa saja dialami saat berkegiatan. Jangan sampai asal turun ke sungai tanpa tahu kondisi medan dari sungai tersebut. Apakah arusnya cukup aman, kedalamannya tak terlalu berbahaya, atau adakah jurang di depan sana. Tentunya semua hal tersebut perlu diperkirakan. Termasuk letak bebatuan di sungai tersebut apakah cukup aman dan tak membuat perahu terbalik?

4. Membawa Logistik Darurat

Salah satu logistik yang wajib dibawa adalah alat bengkel perahu. Utamanya tentu saja pompa perahu. Bisa jadi, batuan yang runcing atau ranting kayu yang menggores perahu di saat pengarungan bisa menyebabkan kebocoran di perahu. Lalu jika pengarungan berlangsung cukup lama, bawalah roti atau makanan siap makan yang aman di makan di atas perahu.***

(Riyaldi Suhud)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Dear Mam, 8 Barang Ini Wajib Dibawa Saat Traveling Bersama Bayi

3 Oktober 2022 - 15:24 WIB

Review Alam Memanggil Bogor, Harga Menu, Daya Tarik dan Lokasi

29 September 2022 - 21:10 WIB

Alam Memanggil Bogor

Fakta Luksemburg, Negara Kecil Namun Terkaya di Eropa

27 September 2022 - 18:14 WIB

Fakta Luksemburg

Asik, Jepang Berlakukan Bebas Visa Mulai 11 Oktober

25 September 2022 - 15:19 WIB

jepang bebas visa

Review Rute dan Harga Tiket Balong Endah, Wisata Murah di Pamijahan Bogor

24 September 2022 - 21:33 WIB

Review Tempat Healing ‘Bidadari’, Nikmati Lazy Pool di Sentul

23 September 2022 - 19:24 WIB

Trending di Travelling