Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaWarga Israel Sulit Dapatkan Tiket Piala Dunia 2022 di Qatar

Warga Israel Sulit Dapatkan Tiket Piala Dunia 2022 di Qatar

Bogordaily.net – Qatar dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Untuk pertama kalinya, ajang sepakbola dunia ini diseleggarakan di Jazirah Arab.

Tetapi penunjukkan itu menimbulkan polemik bagi pecinta sepak bola asal . Mereka mengaku kesulitan mendapatkan tiket pertandingan Piala Dunia Qatar karena negaranya tidak terdaftar.

Winterhill Hospitality yang mendapatkan izin dari FIFA untuk menjual dan mendistribusikan tiket Piala Dunia 2022 via pemesanan online, ternyata tidak memasukkan sebagai salah satu negara yang bisa membeli.

Pada situs penjualan tiket, peta malah ditulis sebagai “kawasan Palestina yang diambil” (Palestinian Territory Occupied). Perubahan ini ternyata dibuat oleh seorang agen penjualan.

FIFA Network akhirnya memperbaiki hal tersebut karena membuat calon penonton dari marah besar, karena tidak mendapat perlakuan yang sama dibanding negara lain.

Masalah ini bahkan masuk dalam pembahasan televisi nasional , yang menyatakan “FIFA banjir kritik setelah insiden ini”.

Seperti yang kita ketahui, dan Palestina memang terlibat konflik wilayah selama berpuluh-puluh tahun. Ditambah aksi pencaplokan wilayah oleh gencar dilakukan dalam beberapa tahun belakangan.

Hubungan diplomatik Qatar dengan sendiri sempat memanas setelah penyerangan ke Jalur Gaza oleh negara zionis tersebut.

Negara lain yang juga tidak terdaftar adalah Azerbaijan, Armenia dan Georgia. Mereka hampir pasti tidak bisa menonton laga Piala Dunia 2022. Hingga sekarang tidak diketahui alasan.

Qatar sebenarnya membuka pintu sebesar-besarnya bagi negara lain untuk datang dan menonton Piala Dunia di negara Muslim tersebut, karena mengedepankan rasa hormat pada agama lain dan keberagaman. Tetapi tidak untuk .

Menurut Marca, pihak akhirnya turun langsung untuk melobi pejabat FIFA supaya bisa datang tanpa menggunakan paspor asing, dan juga diperlakukan seperti layaknya warga negara lain.

Lampu hijau pun diberikan. Pemerintah Qatar akhirnya luluh demi kelancaran event Piala Dunia bulan November-Desember nanti. Ini adalah kali pertama warga Israel bisa masuk Qatar dengan paspor asli mereka.

Tetapi sebelumnya mereka harus membeli tiket secara online lalu mengajukan Fan ID. Nah, ID inilah yang akan memberikan mereka akses untuk memesan tiket pesawat, hotel, dan juga akses masuk Qatar.

Bahkan, baik Israel, Qatar, dan FIFA langsung sepakat untuk membuka rute baru yang membawa penumpang dari Tel Aviv ke Doha dan kota lain di Qatar selama Piala Dunia digelar.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here