Friday, 19 April 2024
HomeBeritaWaspada! Ini Berbagai Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

Waspada! Ini Berbagai Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

Bogordaily.net–  membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Berbagai penyebab di antaranya kebersihan mulut yang tidak terjaga hingga karena adanya . yang disebabkan oleh umumnya memiliki bau yang khas, tergantung pada penyebabnya dan organ mana yang mengalami gangguan.

Penelitian menunjukkan disebabkan oleh masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Meski demikian, ada pula beberapa yang bisa menyebabkan bau mulut. Masing-masing tersebut menyebabkan bau mulut yang berbeda-beda, mulai dari bau manis seperti bau buah, hingga bau busuk seperti kotoran. Dikutip Aladokter.com berikut berbagai yang bisa menyebabkan bau mulut:

Gigi berlubang

Gigi berlubang membuat sisa makanan dan bakteri terperangkap di lubang gigi dalam waktu yang cukup lama hingga membusuk. Kondisi ini menyebabkan mulut berbau busuk. Selain gigi berlubang, radang gusi dan mulut kering juga bisa menjadi penyebab bau mulut yang berbau busuk.

Sinusitis

Penderita sinusitis mengalami bau mulut ketika lendir yang mengandung bakteri dari hidung turun ke tenggorokan. Bau mulut penderita sinusitis cenderung berbau seperti kotoran. Selain bau mulut, penderita sinusitis juga dapat mengalami pilek berkepanjangan, lendir hidung berwarna hijau atau kuning, demam, dan sakit kepala.

Asam lambung

Bau mulut yang disebabkan oleh asam lambung cenderung berbau asam. Hal ini dapat terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan bau asam pada mulut.

Diabetes

Bau mulut pada penderita diabetes muncul saat jumlah insulin tidak cukup untuk mengambil gula dari darah sebagai sumber energi, sehingga tubuh membakar lemak sebagai gantinya. Dari pembakaran lemak ini, terbentuklah asam keton yang menimbulkan bau mulut menyerupai aroma buah.

ginjal

Masalah pada ginjal juga bisa menyebabkan aromoa tak sedap pada dan muncul seperti bau urine atau berbau amis. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun dan zat sisa metabolisme tubuh tidak dapat dibuang melalui urine. Racun dan zat sisa ini kemudian menumpuk dan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan bau urine atau amis yang dapat tercium dari mulut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here