Waspada! Ini Berbagai Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

Menu

Mode Gelap
Link Streaming Man City vs Arsenal, Aman dan Legal Catat, Ini Nomor Hotline Pengaduan Penculikan Anak di Kota Bogor Doa Buka Puasa Rajab 2023 dan Qadha Ramadhan Lengkap Pasar Kaget di Taman Heulang Dikeluhkan Warga, Sahib Khan Usulkan Relokasi Profil Najwa Shihab, Jurnalis Intelektual yang Penuh Kritis

Kesehatan · 23 Aug 2022 06:12 WIB

Waspada! Ini Berbagai Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut


 Ilustrasi bau.(Freepik/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi bau.(Freepik/Suara.com/Bogordaily.net)

IIMS

Bogordaily.net  Bau mulut membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Berbagai penyebab di antaranya kebersihan mulut yang tidak terjaga hingga karena adanya penyakit. Bau mulut yang disebabkan oleh penyakit umumnya memiliki bau yang khas, tergantung pada penyebabnya dan organ mana yang mengalami gangguan.

Penelitian menunjukkan bau mulut disebabkan oleh masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Meski demikian, ada pula beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut. Masing-masing penyakit tersebut menyebabkan bau mulut yang berbeda-beda, mulai dari bau manis seperti bau buah, hingga bau busuk seperti kotoran. Dikutip Aladokter.com berikut berbagai penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut:

Gigi berlubang

Gigi berlubang membuat sisa makanan dan bakteri terperangkap di lubang gigi dalam waktu yang cukup lama hingga membusuk. Kondisi ini menyebabkan mulut berbau busuk. Selain gigi berlubang, radang gusi dan mulut kering juga bisa menjadi penyebab bau mulut yang berbau busuk.

Sinusitis

Penderita sinusitis mengalami bau mulut ketika lendir yang mengandung bakteri dari hidung turun ke tenggorokan. Bau mulut penderita sinusitis cenderung berbau seperti kotoran. Selain bau mulut, penderita sinusitis juga dapat mengalami pilek berkepanjangan, lendir hidung berwarna hijau atau kuning, demam, dan sakit kepala.

Asam lambung

Bau mulut yang disebabkan oleh penyakit asam lambung cenderung berbau asam. Hal ini dapat terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan bau asam pada mulut.

Diabetes

Bau mulut pada penderita diabetes muncul saat jumlah insulin tidak cukup untuk mengambil gula dari darah sebagai sumber energi, sehingga tubuh membakar lemak sebagai gantinya. Dari pembakaran lemak ini, terbentuklah asam keton yang menimbulkan bau mulut menyerupai aroma buah.

Penyakit ginjal

Masalah pada ginjal juga bisa menyebabkan aromoa tak sedap pada dan muncul seperti bau urine atau berbau amis. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun dan zat sisa metabolisme tubuh tidak dapat dibuang melalui urine. Racun dan zat sisa ini kemudian menumpuk dan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan bau urine atau amis yang dapat tercium dari mulut.***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

RS Azra Edukasi, Bahas Hipertensi dan Diet Rendah Garam

27 January 2023 - 18:53 WIB

RS Azra Edukasi

4 Makanan Bisa Bantu Tingkatkan Berat Badan

27 January 2023 - 15:40 WIB

makanan berat badan

Berbahaya di The Last of Us, Ini Manfaat Jamur Cordyceps

26 January 2023 - 22:00 WIB

Jamur Cordyceps

Saran Praktis Menjaga Pola Makan yang Sehat

26 January 2023 - 20:35 WIB

Pola Makan yang Sehat

Sudah Masuk ke Indonesia, Kenali 6 Gejala Covid-19 Kraken

26 January 2023 - 18:58 WIB

gejala covid-19 kraken

Manfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan, Apa Saja?

26 January 2023 - 17:48 WIB

Trending di Kesehatan