Friday, 29 March 2024
HomeBeritaWaspada! Virus Baru Langya Ditemukan di China

Waspada! Virus Baru Langya Ditemukan di China

Bogordaily.net–  yang menginfeksi manusia dilaporkan di . Penemuan ini pun ini membuat pemerintah Taiwan memantau ketat persebaran virus yang diketahui telah mengenai 35 orang.

Dilansir CNN Indonesia, laporan terkait infeksi terungkap dalam studi berjudul “A Zoonotic Henipavirus in Febrile Patients in ” yang dirilis pada Kamis, 4 Agustus 2022 lalu. Dalam studi ini, henipavirus baru yang berhubungan dengan penyakit penyebab demam pada manusia teridentifikasi di .

The Taipei Times melaporkan studi tersebut mengidentifikasi 35 pasien dengan infeksi akut di Provinsi Shandong dan Henan. Sebanyak 26 pasien hanya terinfeksi , tanpa patogen lain.

Para pasien mengalami sejumlah gejala, yakni demam, kelelahan, batuk-batuk, kehilangan nafsu makan, nyeri otot, mual, sakit kepala, dan muntah-muntah.

Tak hanya itu, mereka mengalami penurunan sel darah putih, jumlah trombosit rendah, gagal hati, dan gagal ginjal.

Namun masih belum jelas apakah virus ini dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

Sementara itu melihat kemunculan virus ini, Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Taiwan menuturkan pihaknya memantau ketat perkembangan virus tersebut, dikutip dari Focus Taiwan.

Wakil Direktur Jenderal CDC Taiwan, Chuang Jen Hsiang, menuturkan bahwa badan itu bakal segera menerapkan standar prosedur sekuensi genom untuk laboratorium domestik pulau itu. Pihak CDC juga bakal memperkuat pemantauan.

Newsweek sebelumnya menyebut termasuk dalam keluarga henipavirus.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi kelompok virus tersebut dalam kelompok keamanan biologis Level 4, pun memiliki tingkat kematian berkisar 40 sampai 75 persen.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here