Wednesday, 24 April 2024
HomeTravellingWonderVerse Indonesia, Cara Sandiaga Uno Kenalkan Pariwisata Digital

WonderVerse Indonesia, Cara Sandiaga Uno Kenalkan Pariwisata Digital

Bogordaily.net–  Pemerintah merambah ke dunia metaverse dalam mempromosikan sumber pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif () pun memperkenalkan platform WonderVerse Indonesia.

Selain untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di tingkat nasional dan juga mancanegara, WonderVerse Indonesia dibuat untuk mendorong sektor industri ekonomi kreatif dapat memperkenalkan produknya secara digital.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menparekraf, setelah menghadiri proses penandatanganan MoU pengembangan “WonderVerse Indonesia”, Rabu, 17 Agustus 2022 di Gedung Sapta Pesona Kantor atau Baparekraf.

“Sekarang kita ada dalam satu transisi, di mana digitalisasi mendorong transformasi. Hadirnya platform baru ini adalah untuk mengangkat promosi pariwisata dan juga bagaimana ekonomi kreatif bisa kita tingkatkan dengan perkembangan teknologi,” kata Menparekraf , dilansir Suara.com dari laman .

dalam pengembangan dunia meta (metaverse) “WonderVerse Indonesia”, berkolaborasi bersana PT. Magnus Digital Indonesia. Pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif melalui metaverse ini memiliki potensi yang sangat besar seiring dengan terakselerasinya digitalisasi di Indonesia.

Bloomberg memproyeksikan metaverse sebagai masa depan internet dengan nilai yang ditaksir akan mencapai 800 miliar dolar AS di tahun 2024. Kemudian, pada tahun 2026 mendatang diperkirakan akan ada 25 persen dari penduduk dunia yang akan menghabiskan waktu setidaknya satu jam dalam sehari di metaverse.

“Berarti mereka akan bekerja, berbelanja, mengakses pendidikan, melakukan perawatan kesehatan, dan kegiatan apapun termasuk juga pariwisata dan ekonomi kreatif di metaverse. Ada di dalam ruang meta yang tentunya harus kita lakukan langkah-langkah terobosan dari 4 tahun sebelum itu,” ungkap Sandiaga.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan jika pemerintah harus menghadirkan serta memfasilitasi program tersebut, agar seluruh pihak dapat memastikan bagaimana metaverse ini bisa meningkatkan kesejahteraan.

“Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa transformasi digital termasuk metaverse harus mampu mendorong kedaulatan dan kemandirian digital Indonesia,” jelasnya.

Sandiaga juga berharap platform “WonderVerse Indonesia” dapat mejadi game changer dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia ke depannya nanti.

“Ini adalah langkah awal dari begitu banyak prestasi yang harus kita capai, dan ini juga bertepatan dengan momentum kemerdekaan kita yang ke-77 untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” katanya.

“Saya harapkan pelaku industri dan UMKM harus siap mengisi dengan produk-produk ekonomi kreatifnya dan destinasi wisata dipasarkan secara virtual,” sambungnya.

Sementara itu Chief Executive Officer Magnus Digital Indonesia Hendra Liman mengatakan jika platform WonderVerse Indonesia akan dibagi menjadi empat bagian. Masing-masing bagian itu disebut dengan “land” yang menjafi representasi Indonesia sebagai negara kepulauan dengan adanya berbagai keanekaragaman di dalamnya.

“Kami berharap MetaVerse Indonesia dapat menjadi wadah untuk dapat memperkenalkan keindahan budaya Indonesia ke mata dunia. WonderVerse Indonesia bida memberikan manfaat yang besar untuk Indonesia dari sisi digital, dari sisi travel dan terutama dari sisi ekonomi kreatif,” ungkap Hendra.

Meskipun pemerintah sudah memperkrnalkan di hadapan publik, WonderVerse Indonesia saat ini masih dalam tahap penyempurnaan dan akan terus dikembangkan agar mencapai tujuan yang diinginkan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here