Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaYuk, Cegah Penyakit Jantung Sejak Dini dengan Cara Ini

Yuk, Cegah Penyakit Jantung Sejak Dini dengan Cara Ini

Bogordaily.net–  Penyakit bisa menyebabkan kematian. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini penyakit merupakan salah satu penyakit penyerta yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gejala berat yang berujung pada gagal hingga kematian. Kolestrol tinggi merupakan salah satu penyebab utama seseorang beresiko menderita penyakit . Oleh karena itu, penting untuk selalu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh untuk mencegah penyakit ini sejak dini. Melansir Your Say Suara.com dari Alodokter, berikut beberapa cara cegah penyakit sejak dini:

Perbanyak konsumsi makanan sehat

Diet yang mencakup berbagai makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran, sangat bagus untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan risiko penyakit . Selain buah dan sayuran, Kamu juga bisa mengonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan.

Batasi asupan lemak jenuh

Terlalu banyak lemak jenuh dapat menyebabkan obesitas. Ini karena orang gemuk memiliki risiko lebih tinggi terkena kolesterol jahat dan penyakit . Hindari makan makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti gorengan, makanan berlemak, dan makanan cepat saji. Selain itu, hindari makan banyak gula dan garam untuk mencegah diabetes atau tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit .

Olahraga secara rutin

Tidak hanya menjaga berat badan yang sehat, olahraga teratur juga dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit . Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit ini, dianjurkan untuk berolahraga minimal 30 menit sehari.

Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan

Untuk memantau kadar kolesterol dan masalah , lakukan pemeriksaan rutin, terutama jika Kamu memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau kolesterol tinggi. Jika kolesterol tinggi atau penyakit jantung terdeteksi selama pemeriksaan fisik, pengobatan dini dapat digunakan untuk mencegah komplikasi.

Konsumsi minuman yang mengandung flavonoid

Mengkonsumsi minuman yang kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Salah satu minuman mengandung flavonoid yang bisa Kamu coba adalah teh hitam. Sebuah studi menemukan bahwa minum teh hitam secara teratur bermanfaat dalam melindungi pembuluh darah dan jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh peradangan, termasuk yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Selain kolesterol tinggi, merokok juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Memang, zat berbahaya yang terdapat dalam tembakau dapat merusak pembuluh darah dan jantung. Oleh karena itu, berhentilah merokok untuk menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung kolesterol tinggi dapat dicegah dengan menerapkan berbagai metode di atas. Namun, jika sudah memiliki kolesterol tinggi, pastikan melakukan pemeriksaan rutin dan temui dokter untuk memantau kadar kolesterol sehingga risiko penyakit jantung bisa diminimalisir.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here