Yuk Dicoba! Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Kesehatan · 8 Agu 2022 11:16 WIB

Yuk Dicoba! Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan


 Ilustrasi meditasi (Pixabay.com/Leninscape/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi meditasi (Pixabay.com/Leninscape/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Salah satu cara untuk menenangkan pikiran adalah dengan meditasi.  Kamu bisa mencoba sewaktu-waktu jika sedang stres. Tak hanya itu, ternyata meditasi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Dilansir Yoursay Suara.com dari Lifehack, berikut manfaat meditasi bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menengakan pikiran secara teratur bisa membantumu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah diserang oleh penyakit. Ini juga telah dibuktikan dari sebuah penelitian dan studi yang dijelaskan bahwa kelompok yang melakukan meditasi mendapatkan risiko paling rendah terhindar dari penyakit. Meskipun masih belum tahu bagaimana cara kerjanya, tetapi sepertinya ini karena meditasi bisa mengurangi stres sehingga tubuh menjadi siap untuk melawan penyakit. Diingatkan bahwa meditasi tidak bisa membuatmu tidak sakit, tetapi ini adalah pencegahan yang baik agar tetap sehat.

Mengurangi Stres

Setiap orang pernah mengalami yang namanya stres. Tidak peduli seberapa besar tingkat stres yang dirasakan, baik kecil maupun besar, bisa merusak mental dan fisik. Maka dari itu harus mencari cara untuk mengendalikannya, salah satu caranya adalah dengan meditasi. Pola dan gaya hidup yang sehat bisa saja terbentuk karena kamu melakukan meditasi secara teratur, pikiran pasti akan lebih jernih dan kamu akan merasa jauh lebih segar dari sebelumnya. Meditasi juga bisa merubah gaya hidup menjadi lebih baik dengan dampak jangka panjang.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Pastinya pernah merasa dengan tidur bisa merubah dan meningkatkan suasana hati dan ini berfungsi secara efektif. Istirahat pada malam hari sangat penting untuk menjalani aktivitas pada hari berikutnya. Jika sulit tidur, kamu bisa melakukan meditasi untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Sebuah tinjauan pada tahun 2018 dari 18 studi tentang meditasi, termasuk total 1654 peserta, menemukan bahwa meditasi meningkatkan kualitas tidur.

Menurunkan Sel Penuaan

Meskipun meditasi tidak dapat membuatmu awet muda, kamu bisa mengurangi kecepatan sel penuaan pada dirimu yang pada akhirnya membusuk. Mungkin saja ini adalah bagian dari mekanisme meditasi dengan meningkatkan keberadaan telomerase yang merupakan enzim yang melindungi gen dari penuaan. Pengaruh stres yang berkurang juga bisa menjadi salah satu alasannya. Keberadaan telomerase bisa meningkat karena kurangnya tekanan hidup dan rasa sejahtera yang meningkat.

Meningkatkan Daya Ingat

Beberapa penelitian menunjukkan dengan melakukan meditasi bisa meningkatkan daya ingat seseorang. Ini karena aliran darah pada otak yang meningkat dan peningkatan memori yang jelas. Dengan melakukan meditasi setiap hari bisa menunjukkan peningkatan memori yang signifikan dalam memori jangka panjang.

Menurunkan Kecemasan

Rasa cemas pernah dirasakan oleh setiap manusia pada waktu-waktu tertentu. Walau bisa diobati atau hilang dengan sendirinya, sebagian orang menjadikan kecemasan sebagai sumber kekhawatiran utama. Bahkan kecemasan dalam tingkat ringan bisa berdampak secara signifikan pada kebahagiaan dan kemampuan seseorang. Ada beberapa cara untuk mengurangi atau menghilangkan kecemasan, tapi tidak ada cara yang sesederhana meditasi.***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Yuk, Rutin Konsumsi Biji-bijian, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

28 September 2022 - 23:52 WIB

Murah Meriah! Kenalin Nih Batu Tawas Penghilang Bau Ketiak

28 September 2022 - 19:24 WIB

batu tawas bau ketiak

Nih Kata Pakar soal Kecanduan Seks, Kamu Termasuk?

28 September 2022 - 18:45 WIB

Dear Mahasiswa, Waspada 4 Gangguan Mental yang Rentan Dialami di Semester Akhir

28 September 2022 - 18:37 WIB

Selain Medis, Ini 7 Pilihan Obat Flu Alami

28 September 2022 - 18:16 WIB

Perhatikan Yuk, Ini Waktu Ideal untuk Berhubungan Seks

27 September 2022 - 20:48 WIB

Waktu ideal berhubungan seks
Trending di Kesehatan