Saturday, 11 May 2024
HomeBerita3 Bahaya Junk Food yang Perlu Kamu Waspadai!

3 Bahaya Junk Food yang Perlu Kamu Waspadai!

Bogordaily.net – Junk Food atau yang bisa disebut sering dijadikan makanan alternatif jika malas masak. Penyajiannya yang cepat, dan beredar di mana-mana, membuat tingginya minat masyarakat atas makanan jenis ini.

Tidak hanya itu, iklan-iklan di media sosial yang didesain dengan begitu menarik dan terlihat sangat lezat membuat Junk Food semakin meroket popularitasnya. Padahal, mengonsumsi dalam jumlah yang banyak tidak menyehatkan loh!

Mengutip dari laman Halodoc.com, hal ini terjadi karena cenderung memiliki nilai gizi yang rendah, tinggi lemak, gula, dan garam, sehingga meningkatkan risiko tubuh menderita berbagai macam penyakit.

Berikut ini adalah 3 bahaya junk food yang perlu kamu waspadai :

1. Kemampuan otak menurun

Menurut laman Halodoc.com, mengonsumsi selama lima hari berturut-turut, dapat menurunkan kemampuan otak dalam berpikir. Hal ini terjadi karena lemak dipercaya dapat menyebabkan gangguan memori dan junk food adalah makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi.

Tidak hanya itu, juga memiliki kadar gula dan garam yang tinggi. Mengonsumsi gula dan garam dalam jumlah besar dapat merusak memori hippocampal.

2. Mengganggu sistem pernapasan

Kok bisa, sih? Itu karena, mengutip dari Healthline.com, kalori yang berlebihan dari dapat meningkatkan berat badan dan meningkatkan risiko obesitas.

Obesitas sendiri dalam meningkatkan risiko gangguan pernapasan seperti asma dan kesulitan bernapas.

Bahkan, anak-anak yang memakan lebih dari 3 kali dalam seminggu cenderung lebih berisiko terkena asma.

3. Kecanduan dan depresi

Dua hal ini rasanya tidak dapat dipisahkan dari bahaya . Rasanya yang nikmat dan mudah untuk didapatkan membuat pengonsumsi junk food mudah sekali kecanduan. Bila sudah merasa begitu candu, ketika tidak mengonsumsi kamu akan merasa depresi.

Untuk membuat kecanduan lebih mengerikan, Halodoc.com juga mengutip data kesehatan dari National Libra of Medicine yang menyebutkan junk food dapat meningkatkan risiko gangguan jiwa dan tendensi kekerasan pada anak dan remaja.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here