Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaMasyaallah... 30 Tahun Tenggelam, Masjid di India Muncul Lagi

Masyaallah… 30 Tahun Tenggelam, Masjid di India Muncul Lagi

Bogordaily.net–  Setelah terendam di bawah bendungan selama 30 tahun, sebuah di India kembali muncul. Hal itu terjadi saat kekeringan parah melanda India.

Dilansir CNN Indonesia, muncul di tengah sisa-sisa bendungan berlumpur di Phulwari, negara bagian Bihar Nawada.

Dari foto yang beredar, bangunan itu naik sekitar 30 kaki atau 9 meter di atas tanah, demikian menurut laporan Newsweek. Tampak tiga kubah dan pagar. Warga pun berbondong-bondong mendatangi , meski lokasi dalam kondisi basah dan berlumpur.

Menurut laporan, bangunan itu benar-benar utuh walaupun terendam air selama beberapa dekade.

Sementara itu media lokal India, Kashmir Media Service (KMS), melaporkan bahwa penduduk setempat menyebut bangunan itu sebagai Noori.

The Siasat melaporkan Noori tenggelam usai pembangunan Bendungan Phulwaria pada 1985. Bendungan digunakan untuk mengairi pertanian dan memasok air ke desa-desa.

Namun, pembangunan bendungan itu menyebabkan masyarakat di sekitar lokasi dievakuasi karena perkiraan kenaikan permukaan air. Penduduknya kemudian pindah ke tempat lain. Namun, itu dibiarkan berdiri hingga terendam air.

Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, kadang-kadang kubah masih tampak jika air surut. Bangunan itu semakin jelas usai ketinggian air di bendungan menurun. Usia pasti itu masih didiskusikan. Beberapa pihak mengatakan tempat ibadah tersebut dibangun pada awal 1900 dan selesai setelah 120 tahun. Sampai saat ini belum ada kepastian masjid itu akan direlokasi atau dibiarkan terendam jika air kembali meluap.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here