Saturday, 4 May 2024
HomeNasionalAwas Kecele, 4 Ciri Penipuan Giveaway di Instagram

Awas Kecele, 4 Ciri Penipuan Giveaway di Instagram

Bogordaily.net – Sangat penting mengetahui modus di Instagran dalam bentuk pemberian hadiah melalui . Jangan hanya karena tergiur iming-iming mendapat hadiah, sehingga menjadi lengah, tidak menyadari ada misi jahat di balik hadiah yang diberikan. Belakangan marak marak di Instagram.

Inilah 4 ciri yang perlu diwaspadai dan jangan sampai terkecoh:

1. Tiba-tiba DM

Waspadai bila tiba-tiba ada yang mengirimkan pesan melalui DM dan mengatakan bahwa kamu memenangkan hadiah . Padahal situasinya kamu tidak pernah mengikuti event apapun.

Kalaupun iya, biasanya pihak penyelenggara akan mengumumkan pemenangnya recara resmi melalui akun Instagram yang dimiliki. Hati-hati bila ada second akun yang berpura-pura memberikan pengumuman pemenang.

Untuk memastikan second akun tersebut resmi atau bukan, kamu bisa menanyakan kepada pihak penyelenggara langsung. Sekarang ini semakin marak bermunculan second akun mengatasnamakan pihak penyelenggara alih-alih untuk menghubungi pemenang.

2. Meminta Membayar Sejumlah Tertentu

Ciri di Instagram selanjutnya, meminta kamu membayar sejumlah tertentu. Ingat, bahwa giveaway itu event gratis, bukan malah meminta partisipan membayar uang sejumlah tertentu.

Walaupun hadiahnya lumayan, bila diminta membayar biaya administrasi atau ongkos kirim, kamu harus mempertimbangkannya lagi. Akan lebih baik bila memilih event giveaway yang tidak membebani para partisipannya.

3. Meminta Data yang Sifatnya Pribadi

Biasanya data pribadi yang diminta oleh pihak penyelenggara bila kamu memenangkan hadiah giveaway berupa nama asli, nomor telepon dan alamat lengkap. Atau bila hadiahnya berupa uang, akan dimintai nomor rekening atau nomor e-wallet.

Ciri giveaway di Instagram, pihak penyelenggara akan meminta data lainnya yang sifatnya sangat rahasia. Seperti kode OTP, password akun, PIN kartu kredit, nama ibu kandung dan lainnya yang sebenarnya tidak dibutuhkan untuk proses pengiriman hadiah.

4. Kolom Komentar Postingan Dinonaktifkan

Ciri terakhir kolom komentar postingan dinonaktifkan. Padahal biasanya persyaratan giveaway meminta para partisipan untuk meramaikan kolom komentar dengan tujuan meningkatkan engagement.

Perlu diwaspadai bila mereka mengadakan giveaway tapi malah menutup kolom komentar. Tujuan dari menonaktifkan kolom komentar untuk menghindari orang lain memberikan komentar negatif.

Semakin maraknya giveaway, membuat kamu perlu lebih waspada dan berhati-hati dalam memilih. Pilih penyelenggara yang memang benar-benar terpercaya. Bila menemukan beberapa ciri giveaway di Instagram tersebut, sebaiknya hindari, jangan mengambil risiko.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here