Thursday, 25 April 2024
HomeNasional5 Kiat Mengiris Bawang Agar Tidak Sampai Nangis Bombay

5 Kiat Mengiris Bawang Agar Tidak Sampai Nangis Bombay

Bogordaily.net – Saat , kadang mata terasa perih. Tidak jarang, bahkan sampai membuat mata menangis. Berikut, 5 kiat yang gak bakalan bikin kamu nangis.

Rasa perih di mata ini tentu saja sangat mengganggu. Namun, ternyata ada beberapa sederhana memotong bawang tanpa membuat mata perih.

Berikut, 5 kiat yang gak bakalan bikin kamu nangis:

1. Gunakan pisau yang cukup tajam

Pisau yang tajam akan membuat proses pemotongan berjalan lebih mulus dan menimalisir kerusakan pada sel-sel bawang. Pengirisan dengan pisau yang tajam juga bisa mengurangi pelepasan bahan kimia yang bisa membuat mata kamu jadi pedih. Lagian motong pake pisau yang tajam tidak akan membuat kamu emosi, tidak seperti pisau yang sudah tumpul.

2. Gunakan kipas angin

Kamu bisa banget memanfaatkan kipas angin jika memungkinkan. Kipas tersebut diarahkan ke bawang saat sedang mengiris. ini terbilang efektif karena kipas akan mendorong pelepasan bahan kimia dari bawang ke arah yang lain. Tapi kamu perlu meletakkan kipas pada posisi strategis, jangan sampai angin dari kipas malah mengarah ke kamu, nanti yang ada perihnya jadi double kill.

3. Dinginkan bawang

Bawang yang akan diiris bisa didinginkan terlebih dahulu dengan disimpan di dalam kulkas selama 30 menit hingga satu jam. Bawang yang sedang dingin tidak mudah melepaskan bahan kimia yang dapat membuat mata pedih.

4 Buang bagian akar

Bagian akar bawang mengandung bahan kimia yang sangat banyak sehingga bagian tersebut cenderung lebih mudah membuat mata pedih. Dengan membuang bagian akar yang terdapat di ujung bawang dan memiliki benang kecil seperti rambut, kamu bisa meminimalisir paparan iritasi dari bawang.

5. Mengunyah Makanan

Kamu bisa memotong bawang sembari mengunyah makanan seperti roti atau permen karet yang akan membuat aktivitas di mulutmu.

Dengan aktivitas tersebut, maka tanpa sadar kamu akan bernapas melalui mulut. Oleh karena itu, gas yang akan terkena ke mata akan semakin berkurang.(*)

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here