Friday, 29 March 2024
HomeNasional7 Cara Menikmati Hidup, Salah Satunya Hindari Utang!

7 Cara Menikmati Hidup, Salah Satunya Hindari Utang!

Bogordaily.net – Sebenarnya, ada banyak sekali cara untuk menikmati hidup. Tidak perlu harus hidup mewah, memiliki segalanya, mampu jalan-jalan ke berbagai benua, dan lain sebagainya hanya untuk menikmati hidup.

Memang masing-masing dari kita memiliki keinginan atau pencapaian bagaimana dan seperti apa saat menjalani kehidupan. Salah satunya tetap hidup dan menjalani kegiatan sehari-hari dengan sederhana dan tak ada banyak beban yang berarti.

Beberapa tips sederhana berikut ini bisa kamu jadikan sebagai cara untuk menikmati hidup.

 

1. Bersyukur

Mensyukuri segala hal yang kamu miliki di dalam kehidupan adalah syarat utama untuk membuat hati menjadi lebih tenang. Seperti bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan oleh Allah SWT, bersyukur masih bisa bernafas dengan baik, bisa terbangun di pagi hari, bisa berjumpa dengan keluarga dan juga teman-teman.

Oleh sebab itu, cobalah untuk memulai hari dengan mengingat hal-hal kecil yang patut kamu syukuri. Jadikan ini sebuah kebiasaan sehingga akan membentuk mental diri yang merasa beruntung di dalam kehidupan.

2. Jangan berekspektasi terlalu tinggi

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah dengan tidak berekspektasi terlalu tinggi. Memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi tidak selalu berakhir baik, karena dapat menyebabkan stres dan rasa khawatir tidak dapat memenuhi ekspektasi tersebut.

Tidak semua hal bisa berjalan sesuai dengan harapan, cobalah untuk menerima segala hal dengan lapang dada dan menikmati hidup apa adanya. Hal ini bukan berarti kamu mengabaikan masalah, tapi lebih kepada menikmati apa pun yang datang kepadamu.

3. Kurangi overthinking

Overthinking merupakan suatu hal yang dapat membuat mental dan fisikmu menjadi sangat lelah. Terlalu sering overthinking akan membuat kamu merasa stres, cemas, dan selalu berpikiran negatif akan suatu hal.

Kamu harus mulai sadar kapan kamu merasa overthinking dan mengatasinya dengan mencari pengalihan perhatian. Misalnya saja dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti olahraga, membaca buku, dan sebagainya.

4. Berani mengakui kesalahan

Terkadang hal yang kamu anggap sepele justru bisa membuat hidup kamu jadi lebih sulit dan kurang bahagia. Salah satu contohnya adalah tidak berani mengakui kesalahan yang kamu lakukan dan menutupinya dengan kebohongan.

Banyak sekali orang yang rela berbohong untuk menutupi kesalahan mereka. Padahal, satu kebohongan dapat melahirkan kebohongan-kebohongan lainnya. Kebohongan inilah yang akan membuat hidup semakin susah karena kamu harus memikirkan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

5. Memiliki support system

Tips untuk hidup dan bahagia berikutnya adalah dengan memiliki sosok yang menjadi support system kamu. Support system ini bisa kamu temukan dari orang-orang terdekat kamu seperti keluarga, sahabat, ataupun pasangan kamu.

Tapi apakah keluarga dan orang terdekat kamu selalu dapat memberikan dukungan yang kamu butuhkan? Jika iya, maka bersyukurlah. Namun, jika tidak maka temukanlah support system dari tempat lain seperti komunitas online, layanan konseling, dan sebagainya.

6. Jangan dengarkan apa kata orang lain

Mendengarkan kata orang lain sebenarnya tidak masalah selama itu baik dan membangun. Tapi, kalau perkataan-perkataan yang negatif dan bersifat menjatuhkan sebaiknya tidak perlu kamu dengarkan.

Jika mereka membencimu, bukan berarti seluruh dunia juga ikut membencimu. Kalaupun perlu, jadi lah orang yang “Bodo amat” terlebih untuk perkataan-perkataan yang negatif dan bersifat menjatuhkan.

7. Hindari

merupakan sebuah tanggung jawab yang sangat berat baik di dunia maupun di akhirat. dapat menimbulkan stres, rasa tertekan, dan dapat menghancurkan keuangan bahkan hubungan tanpa kamu sadari.

Agar kamu bisa terhindar dari masalah , sebaiknya pikiran dengan bijak tentang bagaimana kamu menggunakan uang dan membuat keputusan yang tepat tentang apa yang kamu butuhkan dan apa yang kamu inginkan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here