Aneh Tapi Nyata, 5 Penyakit Langka Ini Benar-benar Terjadi

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kesehatan · 12 Sep 2022 19:41 WIB

Aneh Tapi Nyata, 5 Penyakit Langka Ini Benar-benar Terjadi


 Jenis Penyakit Langka yang Terjadi di Dunia. (tempo/Bogordaily.net) Perbesar

Jenis Penyakit Langka yang Terjadi di Dunia. (tempo/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Saat mendengar penyakit aneh, mungkin hal yang pertama kali terbesit dalam pikiran kamu adalah kaki gajah. Namun, terdapat beberapa penyakit langka yang mungkin sama sekali belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Bukan hanya aneh, beberapa penyakit ini juga menyeramkan. Berikut adalah 5 penyakit aneh dan langka yang ada di dunia.

1. Sindrom Alice in Wonderland

Mereka yang mengalami sindrom ini merasa dirinya menyusut atau mengembang dengan cepat, dan percaya bahwa objek tampak lebih kecil dari yang sebenarnya.

Penelitian mengenai sindrom ini mengaitkan kondisi tersebut dengan sakit kepala migrain. Lewis Carroll, penulis buku Alice in Wonderland, diyakini menderita migrain parah, dan kondisi tersebut mengilhaminya membuat cerita di buku tersebut.

2. Exploding Head Syndrome

Sesuai dengan namanya, penyakit aneh ini memang membuat penderitanya mengalami sensasi kaget, utamanya malam hari saat tidur dan terbangun secara tiba-tiba akibat mendengar ‘suara’ yang muncul di dalam kepalanya. Suara tersebut dirasa sangat keras bagaikan bom yang meledak atau suara pistol.

Exploding head syndrome disebabkan oleh adanya kesalahan proses shutdown otak ketika tidur. Jika seharusnya otak mengalami shutdown secara bertahap, mulai dari motorik, pendengaran, saraf, dan terakhir visual, maka hal ini tidak terjadi pada mereka yang mengalami penyakit langka tersebut.

3. Progeria

Progeria yang juga dikenal sebagai sindrom progeria Hutchinson-Gilford. Penyakit ini merupakan sebuah kondisi genetik langka yang menyebabkan anak-anak tampak seperti lansia berusia 80 tahun.

Penyakit ini disebabkan kesalahan pada gen tertentu sehingga menghasilkan protein abnormal. Ketika sel menggunakan protein tersebut (progerin), mereka akan memecah lebih mudah.

Tanda seseorang menderita penyakit ini biasanya diawali dengan kondisi rambut yang rontok dan menipis, kulit kendur dan keriput, mata besar, kepala besar, rahang bawah kecil, serta hilangnya lemak dan otot tubuh.

4. Sindrom Mayat Berjalan

Sindrom mayat berjalan merupakan gangguan mental langka yang mana seseorang meyakini bahwa ia adalah zombie. Mereka yakin bahwa dirinya sudah mati tapi setengah hidup lantaran alasan yang tidak masuk bila kita mendengarnya. Contohnya adalah ia merasa semua darah di dalam tubuhnya dikuras habis sampai rohnya diambil setan.

Beberapa orang yang mengalami penyakit paling aneh ini mungkin mengatakan bahwa dirinya bisa mencium daging sendiri setelah membusuk atau merasakan belatung merayap di kulitnya. Beberapa yang lain meyakini bahwa dirinya tidak dapat mati, karena memang sudah mati menurut mereka.

5. Sindrom Tangan Alien

Jika kamu pernah memiliki riwayat penyakit stroke, kanker, atau ada gangguan pada otak, sebaiknya waspada terhadap sindrom tangan alien. Penyakit sindrom tangan alien memiliki gejala utama yang dialami oleh pengidapnya, yaitu sulit mengendalikan kedua tangan.

Pengidapnya mengalami kedua tangannya bergerak atau bahkan tidak bisa digerakkan. Tidak hanya pada tangan, terkadang sindrom tangan alien menyebabkan anggota tubuh lain pun sulit dikendalikan atau digerakkan.(*)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pakai Ramuan Alami, Ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut  

2 Desember 2022 - 10:59 WIB

Peduli Kesehatan Kulit, Emak-emak Gang Kepatihan Ngariung Bareng Aa’ Reandi

1 Desember 2022 - 18:54 WIB

Ngariung sehat

Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Download Link Twibbon di Sini

1 Desember 2022 - 08:38 WIB

Momen HKN, Dinkes Kabupaten Bogor Fokus Pada Penanganan Stunting

30 November 2022 - 22:13 WIB

penanganan stunting

Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 

30 November 2022 - 16:21 WIB

munculnya uban

Pertanda Kolesterol Tinggi, Sering Nyeri Pinggul

30 November 2022 - 15:48 WIB

Nyeri Pinggul
Trending di Kesehatan