Tuesday, 23 April 2024
HomeKota BogorAyo Ke Posyandu! Deteksi Dini Resiko Penyakit Tidak Menular

Ayo Ke Posyandu! Deteksi Dini Resiko Penyakit Tidak Menular

Bogordaily.net Kelurahan Sempur Koptu Andry Herliyanto dikelilingi ibu-ibu. Dia menjadi pengawal dalam kegiatan Posbindu, di Posyandu Teratai-RW 02 Pokmas Pinus, RT 02/RW 02, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Senin 26 September 2022.

Sejak pukul 09.00 WIB, petugas Posbindu petugas sudah berdatang dan bersiap-siap melayani warga yang hendak berkonsultasi.
Tak lama berselang, sejumlah warga pun berdatangan tiba ke Posbindu. Warga yang datang itu pun silih berganti ke ruangan Posbindu untuk diperiksa.

Misalnya penimbangn berat badan dan tinggi badan. Mereka ingin mengecek kesehatan, sekaligus, untuk berkonsultasi tentang kondisi kesehatannya itu.

Koptu Andry Herliyanto tidak hanya diam, saja tapi ikut juga mengatar dan mendampingi. Khususnya pra lansia yang ikut memeriksan kesehatannya.

Kegiatan itu, merupakan kegiatan rutin di Posyandu Teratai-RW 02, Pokmas Pinus, RT 02/RW 02, Kelurahan Sempur, sebagai upaya deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) pada masyarakat.

Koptu Andry Herliyanto tidak sendirian, tapi juga bersama tim yang lainnya di antaranya, bidan Puskesmas Sempur, para kader Posyandu Teratai-RW 02.

“Saya ikut hadir sebagai bentuk dari kegiatan monitoring anggota di daerah binaannya. Di daerah lain pun sama. Para harus ikut melaksanakan monitoring kegiatan-kegiatan kemasyaraatan. Kebetulan hari ini agenda di posyandunya yaitu, deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) ” kata Koptu Andry Herliyanto.

Dia berharap, warga ikut aktif datang ke posyandu ini untuk memeriksakan kesehatannya, karena itu merupakan kebijakan yang sudah disiapkan oleh pemerintah, dengan aktif dan rajin mengkuti deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular, warga akan lebih dini pula mengetahui konsisi kesehatannya.

(Ibnu Galanza)

Sumber: Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here