Thursday, 25 April 2024
HomeKulinerBahaya! 5 Orang Ini Dilarang Kerasa Makan Daging Merah

Bahaya! 5 Orang Ini Dilarang Kerasa Makan Daging Merah

Bogordaily.net – Lima orang ini dilarang kerasa makan daging merah, kenapa? Bukan rahasia lagi bahwa daging merah memiliki reputasi buruk untuk . Sebab konsumsi daging merah secara teratur telah dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Keduanya dapat menyebabkan penyakit jantung, dan juga meningkatkan risiko mengembangkan jenis kanker tertentu. Namun, bukan hanya daging merah itu sendiri yang dapat menimbulkan masalah, sebab bagaimana mempersiapkannya juga perlu diperhatikan.

“Jika Anda memilih untuk memanggangnya dan dagingnya terbakar, ini dapat menyebabkan daging mengandung karsinogen berbahaya yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker juga,” kata Roxana Ehsani , MS, RD, CSSD, LDN, ahli gizi diet terdaftar dan Juru Bicara Media Nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics.

Di sisi lain, mengonsumsi daging olahan artinya berisiko mengonsumsi lebih banyak garam yang bisa meningkatkan tekanan darah.

Namun bagi sebagian orang, daging merah bisa berdampak lebih parah. Berikut enam orang yang tidak boleh makan daging merah terlalu sering, menurut ahli gizi, dihimpun dari laman Eat This.

Bahaya! 5 Orang Ini Dilarang Kerasa Makan Daging Merah.

1. Orang dengan kolesterol tinggi

Jika sudah memiliki kolesterol tinggi, terlalu sering mengonsumsi daging merah akan semakin meningkatkannya. Orang dengan kolesterol tinggi, yang terbaik adalah membatasi konsumsi daging merah kira-kira sekali atau dua kali sebulan serta memilih bagian dengan paling sedikit lemak.

2. Orang dengan penyakit jantung

Orang dengan penyakit jantung harus sangat berhati-hati dalam mengonsumsi daging merah. Karena mungkin sudah memiliki penumpukan plak tidak sehat di arteri mereka, jadi harus makan makanan yang sangat rendah lemak.

3. Orang dengan penyakit ginjal lanjut (stadium 3-5, bukan dialisis)

Konsumsi protein yang tinggi ketika ginjal tidak berfungsi bisa lebih berbahaya. Anda mungkin perlu menurunkan asupan antara 0,6-0,8 gram protein per kilogram berat badan tergantung pada fungsi ginjal.

4. Orang dengan satu atau lebih faktor risiko penyakit jantung

Jika Anda memiliki satu atau beberapa faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, tidak aktif secara fisik, dan/atau makan makanan yang tidak sehat, Anda mungkin harus lebih waspada untuk sering mengonsumsi daging merah.

5. Orang dengan riwayat keluarga mengidap kanker tertentu

Menurut Ehsani, ada penelitian yang menunjukkan seringnya konsumsi daging merah dan daging olahan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker usus besar.

Oleh karena itu, orang dengan riwayat keluarga kanker usus besar, sepertinya harus lebih berhati-hati dalam hal daging merah.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here