Friday, 29 March 2024
HomeViralBelasan Penonton Dieng Culture Festival Alami Hiportemia, Sampai Ada yang Ditandu

Belasan Penonton Dieng Culture Festival Alami Hiportemia, Sampai Ada yang Ditandu

Bogordaily.net – Akibat suhu dinggin hingga 8 derajat celcius, sejumlah Dieng Culture Festival (DCF) 2022 dilaporkan mengalami () dan harus ditandu untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Gelaran Dieng Culture Festival (DCF) 2022 berlangsung di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara pun terpaksa mengevakuasi pengunjung yang terkena di tengah keramaian gelaran Jazz Di Atas Awan pada Jumat dan Sabtu malam, 3 September 2022 lalu.

Berdasarkan akun Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Sabtu, 3 September 2022, menyebut tim relawan gabungan telah bekerja keras untuk melakukan evakuasi para DCF.

“Ribuan penonton berjubel. Mohon yang mau datang pastikan pakaian hangatmu & kondisi harus sehat,” tulis akun @BPBD_Banjarngra.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Banjarnegara, Andri Sulistyo, dalam 2 hari pagelaran Dieng Culture Festival 2022 ada total 18 pengunjung asal luar daerah Banjarnegara yang mengalami .

“Jadi pada Jumat malam, 2 September 2022 kami bersama tim gabungan, Dinkes, relawan gabungan itu mengevakuasi 14 orang yang kita evakuasi ada 7 orang yang dan hari kedua Sabtu, 3 September 2022, ada 18 yang mengalami ,” ujarnya dikutip dari Viva, Selada, 6 September 2022.

Dari total 18 wisatawan yang mengalami berasal dari luar daerah Banjarnegara yang tidak mempersiapkan diri saat mengunjungi dataran tinggi dieng yang memiliki suhu cukup dingin.

Dari 18 pengunjung yang mengalami tersebut kemudian dievakuasi dan dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif oleh pihak tim medis.

BPBD mengimbau bagi penonton yang kondisi tubuh sudah menurun untuk segera kembali ke penginapan. Adapun, suhu di kawasan Dieng mencapai 11° celsius.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, berharap DCF XIII yang masuk dalam Kharisma Event Nasional (KEN) ke depan dapat menjadi agenda wisata bertaraf internasional.

DCF XIII telah dilaksanakan pada 2-4 September 2022 di Kompleks Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara.(*)

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here