Tuesday, 23 April 2024
HomeNasionalBikin Penasaran, Ini 5 Fakta Menarik Museum Lubang Buaya

Bikin Penasaran, Ini 5 Fakta Menarik Museum Lubang Buaya

Bogordaily.net – Bikin Penasaran, Ini 5 fakta menarik Museum . Membicarakan peristiwa Gerakan 30 September yang dilakukan Partai Komunis Indonesia atau lebih dikenal dengan G30S PKI tentu tidak bisa terlepas dari kekejaman yang terjadi di Museum .

Wisata sejarah Monumen Pancasila Sakti ini terletak di Jalan Monumen Pancasila Sakti, , Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Menyimpan kenangan kelam kekejaman pembunuhan pada perwira TNI AD kala itu, saat ini telah disulap menjadi tempat wisata yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Untuk mengunjungi tempat bersejarah ini, Anda hanya perlu membayar Rp5 ribu.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Museum ? Berikut ini 5 fakta menarik Museum :

1. Sejarah Nama

Dikutip dari penelitian yang dilakukan Aqiilah Afiifadiyah Rahman dan Jumardi, dulunya daerah adalah rawa yang terdapat kali berisi buaya. Tidak hanya buaya asli, di sini dikenal juga adanya siluman buaya putih.

Namun, kehadiran buaya itu diatasi oleh seorang ulama bernama Pangeran Syarif. Sejak saat itulah, tempat tersebut berubah nama menjadi . Warga sekitar kemudian menyebut Pangeran Syarif sebagai Datok Banjir karena dipercaya memiliki kemampuan sakti.

2. Saksi bisu kekejaman pada perwira

Di dalam museum ini, terdapat sumur tua yang menjadi saksi bisu kekejaman PKI kala itu usai membunuh lalu membuang 7 Pahlawan Revolusioner RI yaitu Letjen Ahmad Yani, Mayjen HT Haryono, Brigjen DI Pandjaitan, Mayjen R Suprapto, Lettu Pierre Tendean, Mayjen S Parman, dan Brigjen Sutoyo Siswomiharjo.

3. Sumur tertutup dedaunan kering

Saat ditemukan pada 4 Oktober 1965, sumur dengan kedalaman 15 meter ini tertutup dedaunan kering. Oleh karenanya, tidak ada yang mengira ada tumpukan mayat di sana.

Dibutuhkan waktu sekitar empat jam untuk menggali sumur dan mengeluarkan semua mayat yang ada di dalamnya.

4. Bukan sumur buatan PKI

Meski anggota PKI yang meletakkan mayat tersebut ke dalam sumur, nyatanya sumur itu bukanlah buatan mereka dan sudah ada di sana jauh sebelum PKI datang ke .

5. Pusat Pelatihan PKI

Dilansir dari Ensiklopedia Universitas Muhammadiyah Semarang, saat terjadinya peristiwa G30S PKI, Lubang Buaya merupakan pusat pelatihan PKI. Namun saat ini, tempat tersebut sudah menjadi wisata sejarah.

Selain sumur, di Museum Lubang Buaya ada juga mobil-mobil tua peninggalan masa revolusi, Pos Komando, Rumah Penyiksaan, Museum Pengkhianatan PKI (Komunis), dapur umum, dan Monumen Pancasila Sakti.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here