Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaBisa Jaga Stamina, Ini 7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan  

Bisa Jaga Stamina, Ini 7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan  

Bogordaily.net–   Bit termasuk jenis umbi-umbian lantaran tumbuh di dalam tanah seperti ubi atau singkong. Namun, karena bentuk, warna, serta cara mengonsumsinya bit lebih dikenal sebagai buah. Apa saja manfaat jika dikonsumsi secara rutin?  Bukan hanya dagingnya, daun dan akar juga kaya akan nutrisi, termasuk antioksidan yang melawan kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, salah satu cara mengkonsumsi bit yang paling dikenal adalah dengan membuat jus dari dagingnya. Dilansir Suara.com dari laman web md dan Healthline, berikut manfaat mengonsumsi bagi kesehatan:

Meningkatkan stamina

yang diolah menjadi jus dapat membantu jantung dan paru-paru bekerja lebih baik saat olahraga. Kandungan oksida nitrat pada akan meningkatkan aliran darah ke dalam otot. Beberapa atlet akan minum jus di sela-sela olahraga untuk meningkatkan stamina.

Mencegah penyakit jantung dan stroke

Bit kaya akan vitamin B9 (folat) yang berperan dalam pertumbuhan sel. Folat memegang peranan penting dalam mengendalikan kerusakan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Ini tidak terlepas dari kandungan alami nitrat yang tinggi yang kemudian diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh. Tingginya oksida nitrat dalam tubuh akan membuat pembuluh darah rileks dan melebar.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

memang dikenal dengan seratnya yang tinggi sehingga hal ini akan mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus menjadi lebih cepat. Dengan banyaknya bakteri baik dalam sistem pencernaan, Anda akan melawan berbagai macam penyakit sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Melawan peradangan

Bit mengandung pigmen yang disebut betalains dengan sejumlah sifat anti-inflamasi. Dengan begitu, maka akan bermanfaat bagi beberapa aspek kesehatan, karena peradangan kronis telah dikaitkan dengan kondisi seperti obesitas, penyakit jantung, hati, hingga kanker. Jus dan ekstrak telah terbukti mengurangi peradangan ginjal pada tikus yang disuntik bahan kimia beracun. Meski begitu, ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat buah bit rupanya juga menyasar pada kesehatan otak. Kandungan nitrat dalam bit dapat meningkatkan fungsi otak dengan melebarkan pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir ke otak dengan lebih muda. Bit juga telah terbukti meningkatkan aliran darah ke lobus frontal otak yang berkaitan dengan pemikiran tingkat tinggi seperti memori kerja dan pengambilan keputusan.

Menyeimbangkan asupan energi

Sifat nutrisi pada bit menjadikan kandungan dalam buah diklaim bagus untuk menunjang diet seseorang. Buah bit rendah akan lemak dan kalori tapi mengandung air tinggi sehingga membantu menteimbangkan asupan energi.***

 

(Riyaldi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here