Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaNgeri! Bom Meledak saat Siswa di Afghanistan Ujian, 19 Orang Tewas

Ngeri! Bom Meledak saat Siswa di Afghanistan Ujian, 19 Orang Tewas

Bogordaily.net– Sebuah pusat pendidikan di ibu kota , Kabul diterjang ledakan dahsyat, Jumat, 30 September 2022 pagi waktu setempat. Dilaporkan 19 orang tewas dan 27 lainnya luka-luka.

Dilansir CNN Indonesia, juru bicara Kepolisian Kabul, Khalid Zadran menyebut ledakan terjadi di pusat pendidikan Kaaj saat ratusan siswa mengikuti ujian masuk Universitas Praktik pada pukul 07.30 waktu setempat.

“Ledakan itu telah menyebabkan korban manusia. Pasukan keamanan telah mencapai daerah itu dan kami akan membagikan jenis ledakan dan jumlah korban nanti,” kata Zadran dikutip CNN.

Hingga saat ini, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

“Pusat pendidikan yang disebut ‘Kaj' diserang, dan sayangnya menyebabkan korban jiwa dan korban luka-luka,” jelas juru bicara Menteri Dalam Negeri versi Taliban, Abdul Nafy Takor, di Twitter.

Menurut Takor, bentuk serangan dan rincian korban, akan diinformasikan lebih lanjut. kata dia, menyerang sasaran sipil dan membuktikan kekejaman musuh.

“Tidak manusiawi dan kurangnya standar moral,” ujar Takor seperti dilansir AFP.

Sementara itu, seorang saksi mengaku melihat seorang melakukan bunuh diri dengan meledakkan bahan peledak di sebuah pusat pendidikan, seperti dikutip Reuters.

Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan korban berlumuran darah. Korban-korban itu kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Ini bukan pertamakalinya serangan terjadi di pusat pendidikan. Pada 2020 lalu, 24 orang tewas imbas ledakan di pusat pendidikan di Kabul. ISIS cabang atau ISIS-Khorasan (ISIS-K) mengklaim bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Sejak Taliban mengambil alih pada 2021 lalu, Taliban menekankan memperketat pengamanan negara. Serangkaian serangan di Kabul bahkan telah terjadi dalam beberapa pekan terakhir hingga merenggut puluhan nyawa.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here