Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalBPKB Elektronik Pakai Teknologi Berbasis Cip

BPKB Elektronik Pakai Teknologi Berbasis Cip

Bogordaily.net–  Buku Pemilik Kendaraan Bermotor () akan menjadi elektronik. menyebut, bukan berarti bentuknya berubah menjadi kartu seperti SIM elektronik atau KTP elektronik.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Brigjen Pol Yusri Yunus menjelaskan, BKPB, sesuai namanya, tetap berupa buku.

kan buku, kalau jadi kartu KPKB,” kata Yusri, dikutip Suara.com dari , Kamis, 29 September 2022.

Yusri menjelaskan elektronik menggunakan teknologi berbasis cip, arsip digital dan aplikasi. Cip dikatakan berfungsi menyimpan data kendaraan hingga memudahkan akses.

elektronik kata dia, lebih mirip paspor elektronik (e-paspor) yang dilengkapi cip. Paspor elektronik dipahami bentuknya buku seperti paspor konvensional. Namun terdapat logo cip pada sampul paspor elektronik yang menunjukkan keberadaan perangkat itu di dalamnya.

Paspor elektronik memerlukan perawatan khusus karena kondisi cip mesti dipastikan tidak rusak sehingga bisa dibaca sistem elektronik terkait. Gesekan benda kasar atau cairan kemungkinan bisa merusak cip.

“Seperti cip pada paspor. Kita bisa tahu isinya, kita bisa tahu dokumen apa yang ada di situ, yang punya siapa, alamatnya di mana, pernah ke luar negeri, pernah ke mana,” ujar Yusri.

Sebelumnya Yusri memperkirakan BPKB elektronik bisa diterapkan pada tahun ini, tetapi  belakangan rencana penerapan pada 2023.

“Kan harus dilelang dulu, harus dibuat dulu, kan kita baru rencanakan. Saya lagi merancang. Seperti membangun rumah, apakah Januari nanti sudah bisa jadi? Kan sekarang baru saya rancang,” papar Yusri.

“Tapi tahun depan insyaallah, kita akan upayakan semaksimal mungkin,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan akan mengembangkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) baru dalam bentuk elektronik.

Buku BPKB yang saat ini terbitan Satlantas Polri adalah sebagai bukti kepemilikan kendaraan dalam kemasan buku yang berisikan data pemilik kendaraan serta identitas kendaraan dalam bentuk cetak tersebut.

Sementara itu, Direktur Registrasi dan Identifikasi Brigjen Pol Yusri Yunus menjelaskan BPKB elektronik lebih simpel dan mudah.

“BPKB baru kita akan upayakan untuk tahun ini, memang kita gunakan ada teknologi chip di situ untuk bisa tahu, di dalamnya ada history kendaraan dan semua. BPKB nanti akan memudahkan masyarakat, misalnya BPKB mutasi kendaraan itu tidak lagi selamanya 1-2 bulan, cukup satu hari saja sudah bisa cepat dengan harga PNBP”, katanya Yusri dilihat dari situs resmi , pada Selasa, 27 September 2022.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here