Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalCair, Cair! Begini Cara Ajukan Diri Jadi Penerima BLT BBM Rp600 Ribu

Cair, Cair! Begini Cara Ajukan Diri Jadi Penerima BLT BBM Rp600 Ribu

Bogordaily.net–  Bagi yang belum terdaftar untuk mendapat bantuan sosial (bansos) bisa mengajukan diri sebagai penerima bantuan langsung tunai bahan bakar minyak atau Rp600 ribu. Masyarakat yang berminat dapat melakukan pendaftaran melalui program Usul Sanggah. Begini ajukan diri jadi penerima Rp600 ribu.

Dilansir Suara.com, program Usul Sanggah merupakan fitur dalam aplikasi Cek Bansos yang ditujukan apabila ada orang yang berhak mendapatkan bansos, akan tetapi tidak mendapatkannya. Fitur tersebut hanya berlaku bagi mereka yang telah mengunduh, mendaftar, serta datanya telah diverifikasi.

Bagi masyarakat yang merasa berhak untuk mendapatkan Rp600 ribu dapat mengajukan diri sebagai penerima bantuan. Jika Anda merasa ada masyarakat yang tidak berhak mendapatkan bantuan, juga dapat menggunakan fitur Usul Sanggah melalui aplikasi Cek Bansos ini.

Melalui aplikasi Cek Bansos, Anda dapat mendaftarkan diri, keluarga, warga ataupun fakir miskin lain secara langsung pada menu tambah usulan Rp600 ribu. Berikut ini lengkapnya:

1. Fitur Usul

Unduh aplikasi Cek Bansos di Play Store

Kemudian klik tombol menu Daftar Usulan lalu pilih Tambah Usulan

Selanjutnya, Anda harus mengisi formulir sesuai dengan data kependudukan dari calon penerima manfaat

Pilih bantuan sosial apakah itu jenis BPNT atau PKH

Unggah 2 foto yakni KTP serta rumah tampak depan

2. Fitur Sanggah

Fitur sanggah merupakan kebalikan dari fitur usul. Fitur ini memungkinkan masyarakat untuk mendaftarkan diri atau orang lain sebagai penerima Rp 600 ribu. Fitur tersebut dapat menilai apakah seseorang di suatu daerah layak umtuk mendapatkan bantuan atau tidak. Berikut ini selengkapnya:

Buka aplikasi Cek Bansos di ponsel Anda

Pilih menu Tanggapan Kelayakan

Pada halaman depan akan menampilkan data penerima BLT

Kemudian Anda dapat memberikan tanggapan dengan memilih ikon jempol yang menghadap ke bawah. Ikon ini dapat menilai penerim manfaat apakah layak untuk mendapatkan bantuan atu tidak.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan sebuah tanggapan dengan memilih ikon jempol menghadap ke atas. Ikon tersebut akan menilai seseorang sudah layak untuk mendapatkan bantuan.

Lalu isi alasan Anda

Terakhir, klik Kirimkan Tanggapan

Setelah mengajukan diri, kemudian pemerintah akan memverifikasi data tersebut. Jika sudah berhasil terverifikasi, maka pendaftar berhak untuk mendapatkan BLT BBM Rp 600 ribu.

Setelah berhasil terverifikasi, Anda dapat langsung mengecek status bantuan. Berikut cek bansos BLT BBM Subsidi Rp 600 ribu.

Cek Bansos BLT BBM

Buka browser lalu masuk ke laman https://cekbansos.kemensos.go.id/

Isikan data wilayah penerima yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa

Setelah itu, masukkan nama penerima manfaat sesuai dengan KTP

Masukkan kode Captcha yang terdiri dari 8 digit huruf

Setelah data yang dimasukkan sudah benar, kemudian klik tombol Cari Data dan klik

Jika nama Anda sudah muncul, maka Anda sudah berhasil terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat dalam DTKS sehingga berhak mendapatkan BLT BBM Rp600 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here