Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalCara Cek Penerima BLT BBM Rp600 Ribu, Anda Termasuk?

Cara Cek Penerima BLT BBM Rp600 Ribu, Anda Termasuk?

Bogordaily.net–  Bantuan Langsung Tunai () BBM sebesar Rp600 ribu resmi diluncurkan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka program bansos di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu, 31 Agustus 2022. BBM Rp600 ribu nantinya akan disalurkan kepada 20,6 juta masyarakat penerima manfaat. Jumlah bantuan per bulan sebanyak Rp150.000, tetapi dibagikan dalam dua periode sehingga dalam satu periode pencairan, masyarakat akan mendapatkan Rp300.000. Dilansir Suara.com, jika penasaran menjadi salah satu penerima BBM ini atau bukan, bisa cek penerima BBM Rp600 ribu seperti berikut:

Cara Cek Penerima BBM Rp600 Ribu

Apabila Anda ingin memeriksa apakah nama Anda terdaftar atau tidak sebagai penerima, silahkan gunakan cara cek penerima BBM Rp 600 ribu di bawah ini:

Buka laman cekbansos.kemensos.go.id

Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan

Masukkan nama Penerima Manfaat sesuai KTP

Ketik 8 huruf kode (dipisahkan spasi) sesuai yang tertera dalam kotak kode

Apabila kode huruf kurang jelas, klik “refresh” untuk mendapatkan huruf kode baru Kemudian, klik “cari data”.

Cara cek penerima PKH di cekbansos.kemensos.go.id (https://cekbansos.kemensos.go.id/)

Sebelumnya diberitakan pemerintah akan segera membagikan . Pemberian bantuan langsung tunai atau ini diperuntukan untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Besar untuk subsidi BBM adalah Rp600 ribu untuk setiap keluarga penerima manfaat (KPM).

”Untuk bantalan sosial pengalihan subsidi BBM, kami telah menganggarkan sebanyak Rp 12,4 triliun,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan pers hasil rapat Presiden Joko Widodo dengan dirinya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dan Menteri Sosial Tri Risma Harini yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin 29 Agustus 2022.

Anggaran sebesar Rp12,4 triliun itu akan diberikan kepada 20,65 juta kelompok penerima manfaat. Sementara masing-masing KPM akan mendapatkan uang sebesar Rp600 ribu.

“Penyerahannya akan dilakukan dalam dua gelombang,” lanjut Sri Mulyani.

Selain itu, pemerintah daerah juga diminta mengalokasikan 2 persen dana transfer umum untuk menyubsidi sektor transportasi, baik itu angkutan umum, ojek, hingga nelayan.

”Jadi total bantalan sosial yang tadi ditetapkan oleh Presiden untuk bisa dieksekusi mulai dilakukan pada minggu ini adalah sebesar Rp24,17 triliun,” kata Sri Mulyani.

Ia berharap, bantuan ini dapat mengurangi kemiskinan, mengurangi beban masyarakat, sekaligus mendukung masyarakat yang menghadapi tekanan akibat kenaikan harga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here