ChildFund Internasional: Mitigasi Bencana di Lingkungan Sekolah

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor · 18 Sep 2022 00:30 WIB

ChildFund Internasional: Mitigasi Bencana Wajib Diberikan di Lingkungan Sekolah


 Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Agus Suyatna. (Mutia/Bogordaily.net) Perbesar

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Agus Suyatna. (Mutia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Belakangan ini, silih berganti terjadi bencana di Kabupaten Bogor. Mulai dari banjir, longsor ataupun kebakaran. Menyikapi hal itu, Lembaga pemerhati anak ChildFund  Internasional di Indonesia, bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), difasilitasi Yayasan Warga Upadaya membentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), untuk memberikan mitigasi atau pencegahan bencana di lingkungan sekolah.

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) No.53 Tahun 2022 dijelaskan bahwasanya sekolah wajib untuk mengadakan kegiatan yang terkait dengan mitigasi bencana atau penanggulangan bencana.

Pada kesempatan itu BPBD Kabupaten Bogor, memberikan simulasi mitigasi bencana dengan materi mitigasi bencana serta praktik Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), kepada 150 siswa SDN Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Tidak hanya siswa kegiatan juga diikuti para guru dan orangtua murid.

Ratusan pelajar yang mengikuti kegiatan simulasi mitigasi tersebut tampak antusias. Mereka sangat tertarik mengikuti kegiatan, Saat pemaparan para sisswa tampak mencermati semua keterangan yang disampaikan, begitu juga saat mempraktekkan P3K.

“Ini agenda pemerintah Kabupaten Bogor yang sudah masif dilaksanakan setiap tahun di sekolah-sekolah. BPBD Kabupaten Bogor juga dibantu oleh stakeholder lainnya dalam melakukan kegiatan SPAB ini,” jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Agus Suyatna saat diwawancarai oleh tim Bogordaily.

Agus Suyatna menuturkan ini adalah bentuk kepedulian lima unsur dalam mitigasi bencana dari pemerintah, masyarakat, bidang usaha, pendidikan dan media.

“Ini sungguh bermanfaat sekali bagi kami. Palling tidak untuk anak-anak mengenai cara penanganannya seperti apa dan cara menghadapinya,” ungkap Kepala Sekolah SDN Karadenan, Yani Rochayati, M.Pd.

Selain menggelar simulasi penanggulangan bencana dengan membentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), ChildFund Internasional di Indonesia bersama Yayasan Warga Upadaya, menyasar 10 sekolah dasar di Kabupaten Bogor.

(Mutia Dheza Cantika)

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Jaringan Pengedaran Narkoba di Kabupaten Bogor Ada 17 Kecamatan, Ini Lokasinya  

2 Desember 2022 - 15:01 WIB

Operasi Antik Lodaya di Kabupaten Bogor, 40 Tersangka Kasus Narkoba Ditangkap

2 Desember 2022 - 14:24 WIB

Pemkab Bogor Kasih Bonus Atlet Sea Games Dan ASEAN Para Games Tahun 2021

2 Desember 2022 - 10:43 WIB

Pemkab Bogor Kasih Bonus Atlet Sea Games Dan ASEAN Para Games Tahun 2021

Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor Hari Ini, Jumat, 2 Desember 2022

2 Desember 2022 - 06:34 WIB

Perpanjang SIM Kabupaten Bogor

Ada Dugaan ‘Sunat’ Dana Bansos di Kecamatan Megamendung, Ini Tanggapan Camat

1 Desember 2022 - 17:01 WIB

Hendak Ambil Bansos, Warga Cigudeg Meninggal Dunia

1 Desember 2022 - 16:50 WIB

bansos meninggal Dunia
Trending di Kabupaten Bogor