Wednesday, 17 April 2024
HomeBeritaDahsyatnya Badai Ian Hantam Florida, Jutaan Rumah Kehilangan Aliran Listrik

Dahsyatnya Badai Ian Hantam Florida, Jutaan Rumah Kehilangan Aliran Listrik

Bogordaily.net – Serangan brutal Ian telah menghantam pantai , Amerika Serikat, pada Rabu 28 September 2022. Pusat Badai Nasional mengungkapkan mata badai itu mendarat ketika angina kencang serta hujan lebat menghantam pantai.

Badai Ian telah memicu gelombang tinggi yang menghancurkan di . Kekuatan badai hampir mencapai Kategori 5, yakni status paling berbahaya. Ini merupakan klasifikasi terkuat dalam Skala Badai Saffir-Simpson, hanya dua badai Kategori 5 yang menghantam di Amerika Serikat dalam 30 tahun terakhir.

Gambar video awal kemarahan badai di TV lokal dan media sosial menunjukkan air banjir menyapu mobil, hampir mencapai atap rumah di beberapa komunitas dan reruntuhan rumah saat pohon palem ditekuk hampir menjadi dua.

Hingga 76 cm hujan diperkirakan akan turun di beberapa bagian tengah saat badai bergerak ke daratan, mengancam akan menyebabkan banjir bandang yang luas. Hampir 2 juta rumah dan bisnis di seluruh negara bagian tanpa listrik pada satu jam sebelum matahari terbenam, utilitas melaporkan.

“Badai ini berdampak besar di negara bagian ,” kata Gubernur Ron DeSantis sebagaimana dilansir Reuters. DeSantis meminta Presiden AS Joe Biden untuk menyetujui deklarasi federal besar yang menyediakan berbagai bantuan darurat AS ke seluruh negara bagian.

Menurut NHC, badai Ian telah berkembang menjadi badai Kategori 4 yang “sangat berbahaya” dalam semalam, dengan kecepatan angin 249 km per jam.

Seluruh penduduk di pesisir pantai teluk didesak untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman dan tinggi. Peringatan badai meluas menjadi badai kategori 3 atau kategori 4 pada Rabu malam.

Belasan tempat penampungan sementara didirikan setelah pihak berwenang mengeluarkan perintah evakuasi wajib untuk 2,5 juta orang di seluruh .

Aliran listrik telah terputus untuk lebih dari 1 juta rumah dari lebih dari 11 juta pelanggan di negara bagian .

Otoritas perbatasan AS mengatakan 20 migran Kuba hilang setelah kapal mereka tenggelam di lepas pantai saat Ian mendekati pantai pada Rabu.

Tidak ada laporan resmi segera tentang korban terkait badai lainnya.(*)

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here