Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalCus Langsung Cek! Data 1,3 Miliar Kartu SIM Bocor, Ini Cara Tahu...

Cus Langsung Cek! Data 1,3 Miliar Kartu SIM Bocor, Ini Cara Tahu Keamanan Ponsel

Bogordaily.net–  lagi-lagi terjadi di Indonesia. Kali ini melibatkan 1,3 miliar nomor HP yang dijual hacker di forum gelap. Nah, jika ingin tahu apakah nomor di kartu SIM ikut bocor, bisa cek di situs periksadata. Situs ini mirip seperti pengecekan data haveibeenpwned.com.

Dilansir Suara.com, situs ini direkomendasikan oleh Teguh Aprianto, pakar keamanan siber sekaligus Founder of Ethical Hacker Indonesia. Ia membagikan informasi ini di akun Twitternya @secgron.

Berikut cek nomor HP apakah bocor atau tidak:

1. Buka situs https://periksadata.com/simcardkominfo/

2. Masukkan nomor HP di kolom yang disediakan

3. Setelahnya klik opsi ‘Periksa Sekarang'

Ilustrasi cek di situs Periksa Data. (Periksadata.com/Bogordaily.net)

Situs itu akan memperlihatkan apakah nomor Anda bocor atau tidak. Sebab website periksadata.com itu sudah memiliki sampel 2 juta data nomor HP yang disebarkan oleh hacker.

“WAH SELAMAT! Data kamu tidak termasuk di dalam sampel yang diberikan oleh pelaku sebanyak 2 juta data,” tulis situs tersebut apabila nomor yang dicek tidak termasuk dalam sampel.

Dengan kata lain, tak ada jaminan Anda aman jika nomor ponsel tidak termasuk dalam sampel yang berjumlah 2 juta itu. Karena total data yang bocor ada sekitar 1,3 miliar.

“Tapi kemungkinan data kamu ikut bocor bersamaan dengan 1,3 miliar data registrasi nomor HP lainnya,” tulis situs tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here