Waspada 4 Gangguan Mental yang Rentan Dialami Mahasiswa

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Kesehatan · 28 Sep 2022 18:37 WIB

Dear Mahasiswa, Waspada 4 Gangguan Mental yang Rentan Dialami di Semester Akhir


 Ilustrasi stres.(Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)
Perbesar

Ilustrasi stres.(Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net  Mahasiswa semester akhir yang sedang mengerjakan skripsi sebaiknya waspada. Sebab, bisa saja diserang gangguan mental dan psikis.  Dilansir YourSay.id dari laman Halodoc berdasarkan beberapa penelitian, mahasiswa rentan mengalami gangguan mental. Berikut merupakan empat gangguan mental yang sering dirasakan para mahasiswa.

Insomnia

Mahasiswa dan skripsi merupakan satu kesatuan. Bila tidak dikerjakan maka mahasiswa tersebut akan lebih lama lulus. Para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi ini sering begadang hingga larut untuk menyelesaikan deadline skripsinya. Kebiasaan terjaga hingga larut akan berdampak buruk bagi kesehatan. Insomnia akan membuatmu kekurangan waktu untuk istirahat, hal ini akan membuat otak merasa lelah sehingga sulit berkonsentrasi.

Depresi

Riset menurut American Psychological Association, gangguan mental yang dialami oleh mahasiswa mengalami peningkatan hingga di level 10 persen pada 10 tahun terakhir. Penyebab depresi pada mahasiswa adalah kurangnya manajemen dalam pengaturan waktu. Selain itu, persaingan yang ketat di dunia kemahasiswaan akan membuat depresi. Depresi para mahasiswa skripsian muncul karena beberapa faktor antara lain ketika skripsinya terus mendapat revisian, atau ketika ia selalu mendapat bantahan dari dosen pembimbing.

Gangguan Pola Makan

Pola makan para mahasiswa skripsian akan berantakan karena ia hanya fokus terhadap skripsinya yang ingin cepat selesai. Beberapa mahasiswa bahkan mengalami penyakit asam lambung dan tipes karena tidak menjaga pola makannya. Gangguan makan ialah penyebab gangguan mental yang sering terjadi pada mahasiswa.

Rasa Cemas Berlebih

Cemas adalah hal yang wajar, setiap orang pasti pernah merasakannya. Namun, para mahasiswa yang sedang dalam fase pengerjaan skripsi mengalami rasa cemas yang berlebihan. Ia ketakutan dan cemas skripsinya tidak sesuai, penelitiannya gagal atau mendapat tekanan dari berbagai pihak. Rasa cemas berlebihan disebut juga dengan anxiety disorder gangguan ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Diidap Celine Dion, Stiff Person Syndrome Adalah…

9 Desember 2022 - 20:24 WIB

Stiff Person Syndrome Adalah

Gejala Stiff Person Syndrome, Gangguan Saraf Langka yang Diderita Celine Dion

9 Desember 2022 - 12:18 WIB

gejala Stiff Person Syndrome

Cara Mudah Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

9 Desember 2022 - 11:43 WIB

Tekanan Darah

Tak Boleh Dianggap Sepele, Ini 5 Gejala Asam Urat

9 Desember 2022 - 10:18 WIB

Gejala Asam Urat

Gandeng PMI Tangerang, RS Murni Teguh Ciledug Gelar Donor Darah

9 Desember 2022 - 09:53 WIB

RS Murni Teguh

Dihantui Rasa Penyesalan, Berikut Cara Mengatasinya

8 Desember 2022 - 23:59 WIB

Trending di Kesehatan