Friday, 29 March 2024
HomeBeritaDear Mahasiswa, Waspada 4 Gangguan Mental yang Rentan Dialami di Semester Akhir

Dear Mahasiswa, Waspada 4 Gangguan Mental yang Rentan Dialami di Semester Akhir

Bogordaily.net–  semester akhir yang sedang mengerjakan skripsi sebaiknya waspada. Sebab, bisa saja diserang gangguan mental dan psikis.  Dilansir YourSay.id dari laman Halodoc berdasarkan beberapa penelitian, rentan mengalami gangguan mental. Berikut merupakan empat gangguan mental yang sering dirasakan para .

Insomnia

dan skripsi merupakan satu kesatuan. Bila tidak dikerjakan maka tersebut akan lebih lama lulus. Para yang sedang mengerjakan skripsi ini sering begadang hingga larut untuk menyelesaikan deadline skripsinya. Kebiasaan terjaga hingga larut akan berdampak buruk bagi kesehatan. Insomnia akan membuatmu kekurangan waktu untuk istirahat, hal ini akan membuat otak merasa lelah sehingga sulit berkonsentrasi.

Depresi

Riset menurut American Psychological Association, gangguan mental yang dialami oleh mengalami peningkatan hingga di level 10 persen pada 10 tahun terakhir. Penyebab depresi pada adalah kurangnya manajemen dalam pengaturan waktu. Selain itu, persaingan yang ketat di dunia kemahasiswaan akan membuat depresi. Depresi para skripsian muncul karena beberapa faktor antara lain ketika skripsinya terus mendapat revisian, atau ketika ia selalu mendapat bantahan dari dosen pembimbing.

Gangguan Pola Makan

Pola makan para skripsian akan berantakan karena ia hanya fokus terhadap skripsinya yang ingin cepat selesai. Beberapa mahasiswa bahkan mengalami penyakit asam lambung dan tipes karena tidak menjaga pola makannya. Gangguan makan ialah penyebab gangguan mental yang sering terjadi pada mahasiswa.

Rasa Cemas Berlebih

Cemas adalah hal yang wajar, setiap orang pasti pernah merasakannya. Namun, para mahasiswa yang sedang dalam fase pengerjaan skripsi mengalami rasa cemas yang berlebihan. Ia ketakutan dan cemas skripsinya tidak sesuai, penelitiannya gagal atau mendapat tekanan dari berbagai pihak. Rasa cemas berlebihan disebut juga dengan anxiety disorder gangguan ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here