Friday, 29 March 2024
HomePolitikDi Balik Obrolan Puan dan Cak Imin di Warung Pecel

Di Balik Obrolan Puan dan Cak Imin di Warung Pecel

Bogordaily.net–  Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), atau Cak Imin makan pecel ayam bersama setelah berziarah bersama ke makam almarhum Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, 25 September 2022.

Puan menyebut pertemuan tersebut sengaja di warung pecel karena PDIP dan PKB diklaim merupakan partainya ‘wong sendal jepit' alias wong cilik.

“PKB dan PDI Perjuangan itu sama-sama partainya wong sendal jepit, wong cilik di grass root itu kita selalu bersama, memang begitu grass root-nya PDIP Perjuangan dan grass root-nya PKB,” ujar Puan dilansir Suara.com, Minggu, 25, September 2022.

Menurut Puan, pertemuan ini tidak hanya spesial karena bertepatan dengan hari ulang tahun Cak Imin. Melainkan, juga menjadi momentum penting PDIP dan PKB menjalin kebersamaan untuk ke depannya.

“Ini merupakan suatu pijakan momentum bahwa kami menyepakati ke depannya akan mencoba mencari kebersamaan yang sama. Sehingga memang bisa membangun bangsa dan negara bersama-sama,” katanya.

Usai berziarah ke makam Taufiq Kiemas, Cak Imin dalam kesempatan itu sempat memberi sinyal harapan bagi PDIP untuk dapat bergabung ke dalam koalisinya bersama Gerinda di Pilpres 2024. Harapan ini disampaikan di hadapan langsung Puan.

“Kita berharap PDIP bisa terus bareng PKB seperti sekarang. Kalau dengan Gerinda ya memang yang tertulis baru dimulai (koalisi) dengan Gerinda mungkin nanti akan terus berkembang,” kata Cak Imin sesuai berziarah bersama Puan ke makam Taufiq Kiemas.

Puan tampak membuka peluang untuk bergabung ke dalam koalisi bersama PKB dan Gerinda. Dia menyebut pertemuan dengan Cak Imin hari ini merupakan bagian dari sinyal tersebut.

“Nggak ada yang nggak mungkin dalam politik. Ini bisa ketemu begini aja udah satu sinyal bahwa kemungkinan ke depannya itu bisa saja ada dinamika-dinamika lain,” ujar Puan.

Lebih lanjut, Cak Imin bahkan sempat mendoakan Puan menjadi calon presiden di Pilpres 2024. Namun, saat ditanya dirinya siap menjadi calon wakil presiden pendamping Puan, Cak Imin menyebut akan meminta izin terlebih dahulu kepada Ketua Umum Partai Gerinda, Prabowo Subianto.

“Kita mendoakan Mbak Puan jadi presiden,” kata Cak Imin.

“Wapresnya Cak Imin kalau Mbak Puan Capres?,” tanya wartawan.

“Ya nanti tanya Pak Prabowo dulu,” jawab Cak Imin disambut gelak tawa tokoh yang hadir.

Cak Imin menilai perjalanan menuju kontestasi politik di Pilpres 2024 masih panjang. Menurutnya, PKB yang telah berkoalisi dengan Gerinda akan melalukan ‘itung-itungan' untuk mengukur kekuatan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung nantinya.

“Perjalanan masih panjang. Nanti dites aja kalau Prabowo-Cak Imin, kalau Puan- Muhaimin, terus siapa lagi, kira kira kuat mana?,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here