Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalDikirim Lusa, Rangkaian Kereta Cepat Dibawa Lewat Jalan Tol

Dikirim Lusa, Rangkaian Kereta Cepat Dibawa Lewat Jalan Tol

Bogordaily.net – Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung () telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok. Rangkaian kereta tersebut nantinya akan diangkut ke kawasan Tegalluar, Bandung Barat, pada hari Senin, 5 September 2022 lewat jalan tol.

PT Kereta Cepat Indonesia China () telah berkoordimasi dengan pihak BPJT Kementerian PUPR, PJR, Pelindo dan juga Jasa Marga dalam proses pengiriman untuk menghindari kemacetan di ruas jalan tol.

“Proses pengiriman hanya dilakukan pada hari Senin hingga Kamis pada pukul 22.00 WIB-05.00 WIB. Artinya, perjalanan akan dilakukan di masa arus lalu lintas tidak tinggi. Sehingga diharapkan proses perjalanan ke Depo Tegalluar ini tidak mengganggu arus lalu lintas,” Direktur Utama Dwiyana Slamet Riyadi dikutip dari laman NTMC Polri, Sabtu, 3 September 2022.

Dwiyana melanjutkan, pihak BPJT juga membatasi kecepatan laju transporter maksimal di 20-30 km per jam.

Sementara itu, Corporate Secretary Rahadian Ratry menjelaskan, pengangkutan rangkaian kereta akan melibatkan tiga jalan tol, yakni (Jakarta Outer Ring Road), , dan .

“Dari gerbang tol Cakung dua ke Cileunyi kita sudah survei bersama. Dari , transporter, Patroli Jalan Raya (PJR) dan juga Jasa Marga,” ucap Rahadian

Ditambahkannya, proses pengangkutan akan memakan waktu sekitar 2 minggu. Estimasi waktu dipersiapkan dengan menyesuaikan kondisi jalanan lainnya.

Mengenai lamanya waktu pengangkutannya, transporter hanya diperbolehkan lewat sebanyak 3 kali dalam satu hari. Satu kendaraan sendiri terdiri atas satu bagian kereta.

“Metodenya hanya satu (transporter) diperbolehkannya. Kemudian setelah satu berjalan, baru dikawal. Setengah jam berikutnya kita akan jalannya satu lagi. Jarak setengah jam ini agar harapannya tidak menimbulkan kemacetan,” tandas Rahadian.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here