Friday, 29 March 2024
HomeNasionalDiperiksa KPK 11 Jam, Anies Baswedan Masih Sehat Bugar

Diperiksa KPK 11 Jam, Anies Baswedan Masih Sehat Bugar

Bogordaily.net – Diperiksa 11 jam, masih terlihat sehat bugar dan bersemangat. Dia mengaku kedatangannya untuk membantu agar duduk perkaranya semakin terang benderang.

Anies diperiksa terkait dengan perhalatan akbar Formula E. Anies dimintai klarifiksi terkait perencanaan hingga pertanggungjawaban perhelatan Formula E Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta rampung diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi () terkait pengusutan penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E, pada Rabu (7/9/2022) malam.

Anies keluar dari ruang pemeriksaan sekitar pukul 20. 27 WIB . Sekitar 11 jam Anies diperiksa terhitung dari kedatangannya pada pagi tadi sekira pukul 09.27 WIB.

Terkait pemeriksaannya, Anies mengaku sudah disampaikan kepada penyidik antirasuah dan senang telah membantu agar penanganan perkara tersebut terang-benderang.

“Insya Allah dengan yang tadi kami sampaikan akan bisa membuat menjadi terang, sehingga isu yang sedang didalami akan bisa menjadi terang-benderang dan memudahkan dalam menjalankan tugas,” ujar Anies di Lobi Gedung , Rabu malam.

Dalam keterangannya, Anies juga mengenang semasa bertugas di kampus di mana pernah menjadikan mata kuliah anti korupsi jadi mata kuliah wajib.

“Ketika kami bertugas di kampus kami menjadikan mata kuliah anti korupsi menjadi mata kuliah wajib dan satu-satunya kampus yang menjadikan itu mata kuliah wajib,” kata Anies.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan ketika KPK memiliki program membentuk komite etik, dirinya termasuk dalam bagian terebut.

“Ketika KPK membentuk komite etik dan kami diundang kami siap membantu menjadi ketua komite etik di KPK. Ketika dibentuk tim 8 pada masa itu saya diundang saya dengan sanggup membantu KPK,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Anies, ketika menjabat Gubernur DKI, ia turut membentuk komisi pencegahan korupsi di Ibu Kota.

“Untuk membantu tugas pencegahan korupsi dan Alhamdulillah diundang untuk membantu kami pun hadir untuk membantu menjalankan apa yang dibutuhkan oleh KPK,” kata Anies.

Diketahui, pagi tadi, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu penuhi panggilan KPK. Anies tiba sekitar pukul 09.27 WIB dengan menggenakan baju dinas Pemprov DKI dan membawa map berwarna biru.

Anies hanya mengancungkan jari jempol kepada awak media yang telah menunggu kedatangannya. Ia,hanya mengucapkan terima kasih ketika ditanya terkait pemeriksaannya di KPK.

“Terima kasih, terima kasih,” ucap Anies sambil berjalan memasuki Gedung KPK Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022).

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut Anies dimintai klarifiksi terkait perencanaan hingga pertanggungjawaban perhelatan Formula E Jakarta.

“Lebih kurangnya terkait proses perencanaan kan begitu. Awalnya seperti apa sih misalnya?” ucap Alex di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (6/9/2022).

Kemudian, kata Alex, mungkin yang kembali ditanyakan penyidik antirasuah kepada Anies nantinya tawaran awal dari mana digelarnya Formula E sampai penganggarannya tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here