Thursday, 16 May 2024
HomeKota BogorDishub Kota Bogor Bekerjasama dengan PT Nagara Untuk Mengoperasikan Bus Listrik

Dishub Kota Bogor Bekerjasama dengan PT Nagara Untuk Mengoperasikan Bus Listrik

Bogordaily.net – Dinas Perhubungan (Dishub) tengah fokus mempersiapkan bus bertenaga listrik. Hal itu sesuai intruksi presiden (inpres) Nomor 7 Tahun 2022 terkait kendaraan listrik.

Untuk mewujudkan itu, Kepala Dinas Perhubungan , Eko Prabowo mengklaim telah melakukan kerjasama dengan PT Nagara.

Menurut Eko, satu bus milik PT Nagara akan diubah menjadi yang namanya retrofit. Disinggung terkait anggaran, Eko belum memberikan keterangan lebih jauh, hanya saja dia mengatakan bakal segera dianggarkan pada tahun ini.

“Memang rencananya tahun ini di perubahan sebenarnya Pemkot akan membeli sedang sebagai langkah instruksi presiden bahwasannya siap untuk menangani ini,” tutur Eko saat ditemui usai upacara Hari Perhubungan Nasional 2022 di kantor Dishub, , Rabu 21 September 2022.

Jika dilihat di e-catalog, untuk harga satu Dishub harus merogoh kocek sebesar 3,6 miliar dengan asumsi waktu pesan selama 26 Minggu.

“Jadi tahun ini breakdown, bagian umum mungkin menyiapkan untuk kesiapan mobil operasional listrik terlebih dahulu,” kata Eko.

Kedepannya, transportasi di tengah kota itu akan diwarnai dengan kendaraan yang ramah lingkungan seperti angkot akan diubah menjadi angkot tenaga listrik.

“Kita juga sedang melakukan komunikasi dengan Bakrie. Berapa satu armada angkot listrik dan sebagainya. Kalau Pemda ada program seperti itu, bisa saja kedepannya akan terlaksana,” harapnya.

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here