Thursday, 2 May 2024
HomeEkonomiDolar AS Bobo Cantik Lagi, Siang Ini Rupiah Menguat Rp14.850

Dolar AS Bobo Cantik Lagi, Siang Ini Rupiah Menguat Rp14.850

Bogordaily.net–  Pada pertengahan perdagangan Jumat, 9 September 2022 kurs melibas Amerika Serikat (AS). Indeks AS terkoreksi di pasar spot dan membuka jalan untuk mata uang Indonesia menguat.

Dilansir dari CNBC Indonesia, mengacu pada data Refinitiv, terapresiasi pada pembukaan perdagangan sebanyak 0,23% ke 14.860/US$. Kemudian, melanjutkan penguatannya sebesar 0,3% ke Rp 14.850/US$ pada pukul 11.00 WIB.

Penguatan ditopang oleh pelemahan indeks AS, kini AS kembali ke level 108.

Pada pukul 11.00 WIB, indeks AS yang mengukur kinerja si greenback terhadap enam mata uang dunia lainnya, kembali melemah 0,7% ke posisi 108,94, setelah pada Rabu, 7 September 2022 dan sempat menyentuh rekor tertinggi dua dekadenya ke posisi 110,79.

Pelemahan AS masih tetap terjaga karena bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) diprediksikan akan tetap hawkish untuk beberapa waktu ke depan.

Sebelumnya, Kamis, 8 September 2022, Ketua The Fed Jerome Powell memberikan pidatonya dan mengatakan bahwa The Fed tidak akan gentar dalam upayanya untuk meredam inflasi ‘sampai pekerjaan selesai'.

“Kita perlu bertindak sekarang, terus terang, kuat seperti yang telah kita lakukan,” kata Powell dalam sambutannya di konferensi kebijakan moneter Cato Institute di Washington.

Ia mengakui kampanye agresif dapat menyebabkan beberapa rasa sakit, tetapi dia telah berulang kali menekankan bahwa bertindak sekarang akan mencegah konsekuensi yang lebih merusak di kemudian hari.

Pada 1980, inflasi AS sempat menyentuh 14,8 persen dan tidak turun ke satu digit sampai tahun berikutnya. Powell mengatakan bahwa sejarah tersebut memberikan mereka peringatan untuk tidak melonggarkan kebijakan moneter sebelum waktunya.

Sebanyak 87 persen analis memprediksikan kenaikan suku bunga acuan oleh The Fed sebanyak 75 basis poin (bps) pada pertemuan bulan ini, naik dari sebelumnya 79 persen, jika mengacu pada alat ukur FedWatch.

Namun, investor global masih menantikan rilis Indeks Harga Konsumen (IHK) AS per Agustus 2022 yang akan dirilis pada 13 September 2022.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here