Friday, 19 April 2024
HomeBeritaNyesek Banget! Ini Efek Buruk Diselingkuhi Pasangan bagi Kesehatan

Nyesek Banget! Ini Efek Buruk Diselingkuhi Pasangan bagi Kesehatan

Bogordaily.net–  Perselingkuhan sedang menjadi perbincangan. Berbagai hal dapat menjadi alasan seseorang berselingkuh. Padahal, tindakan ini tidak hanya meninggalkan luka batin, tetapi juga efek pada tubuh orang yang diselingkuhi. Dilansir dari laman Hellosehat, berikut efek yang terjadi pada tubuh saat Anda diselingkuhi?

Migrain

Migrain dapat timbul saat seseorang merasakan suatu emosi yang sangat intens. Tidak hanya stres dan sedih, perasaan senang dan antusias yang tinggi juga kerap memunculkan gejala ini. Belum ada penyebab pasti apa yang membuat emosi dan migrain saling berhubungan satu sama lain. Namun, kemungkinan besar hal ini merupakan efek dari kadar hormon dan molekul dalam tubuh yang naik turun saat merasakan emosi yang intens, misalnya rasa sedih setelah diselingkuhi.

Gangguan tidur

Ronald A. Alexander, seorang psikoterapis di California, mengatakan dalam wawancara dengan Huffington Post bahwa masalah seperti insomnia sering kali dialami oleh mereka yang baru putus dengan pasangan.  Rasa sedih akan memicu reaksi dalam otak dan saraf. Reaksi inilah yang akan membuat tubuh Anda mengalami sebuah keadaan bernama hyperarousal. Otak dan tubuh bekerja seolah-olah sedang dalam situasi waspada. Keadaan tersebut juga akan membuat Anda semakin sulit untuk rileks dan memejamkan mata.

Nyeri di dada

Kesedihan yang mendalam bisa berujung pada stres. Saat itulah tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang dapat membuat otot-otot saluran pernapasan dan pembuluh darah menyempit. Hormon yang ‘berlari' ke dada akan menyebabkan dada menjadi terasa lebih berat dari biasanya. Kondisi ini juga terkadang diikuti dengan rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk dan sesak nafas.

Pada kasus yang parah, nyeri dada ini bisa saja mengakibatkan broken heart syndrome. Broken heart syndrome atau cardiomyopathy adalah sebuah kondisi yang mirip dengan serangan jantung. Bedanya dengan serangan jantung, arteri pada jantung tetap dalam keadaan yang baik-baik saja dan tidak tersumbat. Efek broken heart syndrome dapat menimpa seseorang yang mengalami kejadian menyedihkan seperti diselingkuhi atau ditinggal karena kematian.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here