Nyesek Banget! Ini Efek Buruk Diselingkuhi bagi Kesehatan

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Kesehatan · 30 Sep 2022 22:09 WIB

Nyesek Banget! Ini Efek Buruk Diselingkuhi Pasangan bagi Kesehatan


 Ilustrasi selingkuh (Unsplash/@elizabethtsung/Suara.com/Bogordaily.net)
Perbesar

Ilustrasi selingkuh (Unsplash/@elizabethtsung/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Perselingkuhan sedang menjadi perbincangan. Berbagai hal dapat menjadi alasan seseorang berselingkuh. Padahal, tindakan ini tidak hanya meninggalkan luka batin, tetapi juga efek pada kesehatan tubuh orang yang diselingkuhi. Dilansir dari laman Hellosehat, berikut efek yang terjadi pada tubuh saat Anda diselingkuhi?

Migrain

Migrain dapat timbul saat seseorang merasakan suatu emosi yang sangat intens. Tidak hanya stres dan sedih, perasaan senang dan antusias yang tinggi juga kerap memunculkan gejala ini. Belum ada penyebab pasti apa yang membuat emosi dan migrain saling berhubungan satu sama lain. Namun, kemungkinan besar hal ini merupakan efek dari kadar hormon dan molekul dalam tubuh yang naik turun saat merasakan emosi yang intens, misalnya rasa sedih setelah diselingkuhi.

Gangguan tidur

Ronald A. Alexander, seorang psikoterapis di California, mengatakan dalam wawancara dengan Huffington Post bahwa masalah seperti insomnia sering kali dialami oleh mereka yang baru putus dengan pasangan.  Rasa sedih akan memicu reaksi dalam otak dan saraf. Reaksi inilah yang akan membuat tubuh Anda mengalami sebuah keadaan bernama hyperarousal. Otak dan tubuh bekerja seolah-olah sedang dalam situasi waspada. Keadaan tersebut juga akan membuat Anda semakin sulit untuk rileks dan memejamkan mata.

Nyeri di dada

Kesedihan yang mendalam bisa berujung pada stres. Saat itulah tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang dapat membuat otot-otot saluran pernapasan dan pembuluh darah menyempit. Hormon yang ‘berlari’ ke dada akan menyebabkan dada menjadi terasa lebih berat dari biasanya. Kondisi ini juga terkadang diikuti dengan rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk dan sesak nafas.

Pada kasus yang parah, nyeri dada ini bisa saja mengakibatkan broken heart syndrome. Broken heart syndrome atau cardiomyopathy adalah sebuah kondisi yang mirip dengan serangan jantung. Bedanya dengan serangan jantung, arteri pada jantung tetap dalam keadaan yang baik-baik saja dan tidak tersumbat. Efek broken heart syndrome dapat menimpa seseorang yang mengalami kejadian menyedihkan seperti diselingkuhi atau ditinggal karena kematian.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Wajib Coba! Nih Buah yang Bagus untuk Kulit Kering

29 November 2022 - 10:56 WIB

Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Biji Alpukat untuk Tubuh

28 November 2022 - 19:57 WIB

manfaat biji alpukat

4 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah

28 November 2022 - 16:16 WIB

manfaat lada hitam

Manfaat Anak Main Game, Tingkatkan Kemampuan Kognitif 

27 November 2022 - 20:05 WIB

main game

Selain Dehidrasi, Waspada 5 Bahaya Mengancam Jika Kekurangan Minum Air Putih

27 November 2022 - 19:40 WIB

Kekurangan Minum

Banyak Ditemukan di Jalan, Berikut Manfaat Bunga Telang

27 November 2022 - 11:27 WIB

manfaat bunga telang
Trending di Kesehatan