Friday, 29 March 2024
HomeBeritaEnak Dibuat Lalapan, Ternyata Mentimun Punya Manfaat Banyak Untuk Kesehatan

Enak Dibuat Lalapan, Ternyata Mentimun Punya Manfaat Banyak Untuk Kesehatan

Bogordaily.net – biasanya menjadi lalapan makanan dan sayuran. Selain dikonsumi sebagai lalapan, ternyata menyimpan banyak untuk kesehatan tubuh.

Disamping khasiatnya untuk kesehatan, juga bermanfaat untuk kecantikan berkat adanya kandungan vitamin A dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Penasaran apa saja ?

Berikut 7 bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah dehidrasi

Agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi dan terhindar dari dehidrasi, Anda perlu minum air sekitar 7−8 gelas per hari. Namun, jika merasa bosan dengan air putih, Anda bisa memasukkan potongan ketimun atau buah lainnya ke dalam air untuk membuat infused water. Ini akan membuat air minum menjadi lebih segar dan bernutrisi.

2. Menangkal radikal bebas

Zat antioksidan pada ketimun, seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan tanin, dapat mencegah dan menangkal efek radikal bebas yang merusak sel tubuh.

Senyawa-senyawa tersebut juga berperan penting dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, radang sendi, dan penyakit Alzheimer.

3. Melancarkan pencernaan

Kandungan air dan seratnya yang tinggi membuat ketimun bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sembeli. Anda bisa mengonsumsi ketimun serta buah dan sayuran lainnya ketika sedang susah BAB.

4. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi asupan tinggi kalori, lemak, dan gula, seperti makanan siap saji, minuman kemasan, es krim, dan minuman bersoda. Untuk mendukung keberhasilan program diet Anda, konsumsilah makanan rendah kalori, seperti ketimun.

Serat pada ketimun juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Mengonsumsi ketimun sangat baik untuk mencukupi asupan cairan, mineral, vitamin, dan antioksidan guna menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Selain itu, ketimun juga bisa digunakan sebagai masker alami kulit untuk mengatasi kulit kering, iritasi kulit, dan kulit terbakar akibat sinar matahari (sunburn).

6. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Riset menunjukkan bahwa asupan tinggi antikosidan dapat mengurangi risiko seseorang untuk terkena berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker rahim, dan kanker usus besar.

ketimun untuk mencegaj kanker ada berkat kandungan antioksidan cucurbitacin, lignan, dan flavonoid di dalamnya yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

7. Menjaga kesehatan tulang

ketimun selanjutnya yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan tulang. Studi menyebutkan bahwa vitamin K dan kalsium dalam ketimun dapat meningkatkan kepadatan tulang serta mencegah osteoporosis.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here