Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalGaes, Seperti Ini Cara Mencuci Sepatu yang Benar dan Gak Bikin Rusak

Gaes, Seperti Ini Cara Mencuci Sepatu yang Benar dan Gak Bikin Rusak

Bogordaily.net – Sepatu tampak sebagai benda yang mudah dibersihkan, tapi sebenarnya mencucinya dengan yang salah bisa membuat umur sepatu memendek. Berikut yang benar, mudah dan tidak gampang rusak.

paling mudah dan tepat untuk membersihkan sepatu yang kotor adalah datang ke tempat pencucian sepatu.

Mereka sudah ahli dan mengetahui dengan baik karakter sepatu. Makanya, mereka paham bagaimana caranya yang benar.

Kalau di kotamu masih terbatas jasa pencucian sepatu atau saat sedang malas ke tukang pencuci sepatu, berikut ini - yang benar dikutip dari berbagai sumber. Hal yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah melihat label perawatan pada sepatu. Dari situ, kamu akan tahu mencuci yang tepat untuk sepatu kamu.

1. Lepaskan tali sepatu

Pertama-tama, kamu perlu melepaskan tali sepatu dan gosok tali tersebut di atas papan pengering dengan sikat dan diberi sabun. Setelah itu, keringkan tali dan pastikan tali tersebut sudah benar-benar kering sebelum dipasang kembali. Apabila tali sudah sangat kotor dan rusak, sebaiknya ganti tali sepatu dengan yang baru.

2. Bersihkan sol

Bersihkan sol bagian dalam dengan menggunakan sikat lembut atau kain lap yang direndam air hangat dan sabun cuci cair. Serap air bersabun yang berlebih dengan spons atau bilas dengan air bersih. Biarkan sol tersebut agak mengering dengan sendirinya sebelum dipasang kembali ke sepatu.

3. Bagian luar

Kotoran yang menempel pada bagian luar sepatu sebaiknya dibersihkan dengan sikat berbulu halus, seperti sikat sepatu atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Kamu bisa memanfaatkan tusuk gigi atau kapas pentol untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit.

Oleskan sedikit larutan pembersih pada spons, lalu lap secara lembut ke sepatu. Selanjutnya, gosok bagian luar tersebut. Jika kotoran masih membandel, lakukan tersebut secara berulang-ulang. Larutan pembersih tersebut terbuat dari air hangat dengan sedikit sabun cuci cair.

4. Sepatu berwarna putih

Untuk sepatu berwarna putih, sebaiknya gunakan pasta gigi agar warna putih tidak mudah luntur. Setelah itu, bilas dengan air.

5. Mengeringkan sepatu

Kesalahan yang sering terjadi adalah menjemur sepatu di bawah sinar matahari secara langsung, padahal cara ini dapat merusak sepatu. Selain itu, kerap ditemukan orang yang mengeringkan sepatu dengan pengering mesin cuci. Sepatu cukup dikeringkan di tempat dengan kondisi cahaya yang cukup dan suhu ruang yang tidak terlalu kering.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here