Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalGempa 7,6 Magnitudo di Papua Sempat Picu Peringatan Tsunami

Gempa 7,6 Magnitudo di Papua Sempat Picu Peringatan Tsunami

Bogordaily.net besar berkekuatan 7,6 magnitudo di Nugini bagian timur pukul 09.46 waktu setempat sempat memicu peringatan , namun kemudian dicabut, pada Minggu 11 September 2022.

Survei Geologi AS (USGS) mencatat, terjadi di sekitar 67 kilometer dari kota Kainantu, pada kedalaman 61 kilometer.

Meski peringatan sudah dicabut, namun USGS memperingatkan kemungkinan adanya fluktuasi permukaan laut kecil di beberapa wilayah pesisir.

Dari laporan AFP, pemadaman listrik dan kerusakan bangunan terjadi di beberapa bagian Nugini, dengan guncangan terasa luas dari kota-kota dekat pusat hingga ibukota Port Moresby, sekitar 480 kilometer jauhnya.

Penduduk di kota pesisir Madang juga melaporkan kerusakan bangunan.

Gambar dan video yang tersebar menunjukkan kerusakan pada sebuah universitas di kota dataran tinggi timur Goroka. Retakan besar muncul di dinding dan jendela yang jatuh selama .

Penduduk setempat di Lae dan Madang, yang paling dekat dengan pusat gempa, mengatakan guncangannya jauh lebih kuat daripada gempa sebelumnya.

“Sangat kuat, semuanya seperti duduk di laut, hanya mengambang,” kata Hivi Apokore, seorang pekerja di Jais Aben Resort dekat Madang, dikutip dari RMOL.

Nugini terletak di “Cincin Api” Pasifik, menyebabkannya sering mengalami gempa bumi.

Pada 2004 gempa berkekuatan 9,1 magnitudo memicu yang menewaskan 220 ribu di seluruh wilayah, termasuk sekitar 170 ribu di Indonesia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here