Sunday, 5 May 2024
HomeKulinerGurih dan Sedap, Berikut 5 Kuliner Betawi yang Melegenda

Gurih dan Sedap, Berikut 5 Kuliner Betawi yang Melegenda

Bogordaily.net – Betawi adalah sebutan untuk suku asli kota Jakarta. Betawi dipengaruhi oleh budaya Cina, Eropa, dan Arab, sehingga memberikan rasa gurih dan sedap.

Jika Kalian hendak mencicipi makanan khas Betawi yang terkenal, berikut ini beberapa rekomendasi hidangan menarik dan tentunya lezat.

Berikut ini adalah 5 khas Betawi yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Jakarta:

1.

terbuat dari campuran telur, ketan, dan ebi. Masakan ini sudah ada sejak tahun 1970-an yang disajikan untuk pesta besar.

Kalian bisa memilih jenis telur ayam yang digunakan, yaitu telur ayam atau telur bebek. Ciri khas ini adalah cara memasaknya yang menggunakan tungku api, sehingga rasa gurihnya tetap terasa.

2. Asinan Betawi

Asinan Betawi terbuat dari kol, sawi, tauge, tahu selada, tahu putih, dengan taburan kacang tanah.

Campuran makanan ini kemudian disiram dengan kuah cuka, cabai dan ditaburi dengan kerupuk mie berwarna kuning.

3. Sayur Besan

Makanan khas Betawi ini biasanya banyak kita temukan di acara pernikahan. Ini adalah bentuk penghormatan kepada mereka yang menjadi keluarga baru pada hubungan pernikahan sebagai lambang kekeluargaan.

Selain disajikan untuk acara spesial, makanan ini juga tidak selalu bisa ditemukan karena sulit untuk menemukan bahannya.

4. Betawi

Betawi adalah makanan khas Betawi yang terkenal. Saking terkenalnya, Betawi bisa Kalian temukan di daerah pinggiran Jakarta, seperti Tangerang, atau Depok.

Tidak berbeda dengan lainnya, Betawi menggunakan aneka jeroan sapi, dengan campuran santan dan susu, ditambahkan berbagai macam bumbu dan rempah lainnya.

5. Gado-Gado

Makanan khas Betawi ini menjadi makanan sehat dan digemari orang yang menjalankan pola hidup vegetarian, karena makanan ini mengandung aneka sayuran, seperti kangkung, kubis, tauge, kacang panjang.

Gado-gado disajikan dengan menggunakan saus kacang yang gurih dan lezat. Seringkali, gado-gado juga disajikan dengan telur rebus dan emping.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here