Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalHarga BBM Naik Tarif Bus Ikutan Naik, Berapa?

Harga BBM Naik Tarif Bus Ikutan Naik, Berapa?

Bogordaily.net–  Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memberikan dampak luas bagi seluruh sektor. Salah satunya transportasi. Seiring kenaikan tersebut, juga bakal ikut naik.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (Ipomi), Kurnia Lesani Adnan mengatakan, pengusaha bus bakal menghitung kembali tarif seusai kenaikan . Menurut dia, BBM adalah salah satu komponen terbesar dari biaya operasional bus.

“Penyesuaian tarif yang akan kami lakukan kisaran 25%-35%, tergantung daerah dan jarak operasinya,” ujar Sani dilansir Suara.com, Minggu, 4 September 2022.

Dia mengungkapkan, sebenarnya pengusaha bus telah merana selama lima bulan terakhir. Hal ini, bilang Sani, imbas dari inflasi dan kenaikan PPN yang membuat harga suku cadang ikut melonjak.

“Ini setelah BBM naik pasti akan terjadi kenaikan harga lagi terhadap barang/komponen penunjang operasional kami kedepannya nanti,” kata dia.

Selain itu, tambah Sani, sejak lima bulan ini, pengusah bus juga sudah ulit mencari ban, ban yang digunakan mayoritas ban Tubless radial. Ban jenis ini masih import dan dalam negeri belum bisa produksi banyak.

“Ini salah satu hal yang membuat biaya operasional kami naik karena yang dulunya kami bisa beli ban dengan mem-foscast beberapa bulan ke depan tapi saat ini kalau kami tidak beli saat barang ada resiko bila ke depannya import macet sehingga kami harus merusak cashflow berjalan,” jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah secara resmi menaikkan bersubsidi mulai Sabtu 3 September 2022 siang.

“Pemerintah memutuskan untuk menyesuaikan subsidi,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif dalam konferensi persnya, Sabtu, 3 September 2022.

Ia pun merinci penyesuaian tersebut, antara lain Pertalite dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10.000 per liter, Solar subsidi dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter serta harga Pertamax non subsidi dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here