Saturday, 20 April 2024
HomeEkonomiHarga Pangan Makin Brutal, Awas Ancam Inflasi!

Harga Pangan Makin Brutal, Awas Ancam Inflasi!

Bogordaily.net–  Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut harga-harga bahan pokok atau pangan di semua daerah masih tinggi dan ini terlihat dari pangan pada Agustus yang masih berada di level 8,69 persen.

Perry mengatakan meski tingkat level itu turun dari bulan Juli yang sebesar 10,47 persen, tetapi pangan pada Agustus masih tinggi di atas rata-rata yang harusnya 5 persen.

“Tapi 8,69 ini masih tinggi harga pangan bergejolak mestinya harus turun. Dan itulah gerakan nasional pengendalian pangan menjadi penting,” kata Perry dalam Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah Pengendalian 2022, dilansir Suara.com, Rabu 14 September 2022.

Ia pun lantas meminta semua pihak harus sinergi untuk menurunkan pangan lewat gerakan nasional pengendalian pangan. harga yang diatur pemerintah atau administered price menjadi kunci pengendalian pangan.

“Sementara kalau kita lihat daya beli atau istilah teknisnya inflasi inti itu masih rendah baru 3 persen. Dengan demikian pengendalian inflasi pangan dan inflasi administrasi itu menjadi kunci agar kita bisa mensejahterakan rakyat agar memang tidak kemudian menurunkan daya beli,” jelasnya.

Menurut Perry, pemerintah daerah juga harus memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat, agar inflasi pangan dan administered price tidak merembet ke inflasi lainnya. Seperti halnya, kata dia, pemerintah pusat yang memberikan BLT kepada masyarakat tidak mampu yang terimbas kenaikan harga BBM subsidi.

“Tentu saja upaya-upaya Ini harus perlu kita perkuat dengan kebijakan kemarin untuk mengalihkan sebagian tambahan subsidi untuk BLT dan segala lainnya,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here