Harus Dicoba! 9 Cara Jitu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Kesehatan · 30 Sep 2022 19:49 WIB

Harus Dicoba! 9 Cara Jitu Menghentikan Kebiasaan Merokok


 Tips Jitu Menghilangkan Kebiasaan Merorkok. (jovee/Bogordaily.net) Perbesar

Tips Jitu Menghilangkan Kebiasaan Merorkok. (jovee/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Rokok menjadi candu tersendiri bagi perokok, terutama perokok berat. Berhenti mengkonsumsinya merupakan hal yang sangat sulit bahkan dianggap mustahil. Namun, 9 jurus jitu untuk menghentikan kebiasaan merokok ini bisa kalian coba.

Padahal, rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit berat yang bisa menyerang tubuh kapan saja. Oleh karena itu, berhenti merokok menjadi tantangan tersendiri bagi pecandunya. Berikut ini tips berhenti merokok, yaitu :

1. Mantapkan niat dan persiapan

Lembaga Kesehatan Nasional Amerika Serikat menyarankan agar setiap perokok yang ingin berhenti membuat perencanaan yang matang.

Prosesnya bisa berupa memantapkan motivasi untuk berhenti seperti demi kesehatan atau keluarga. Beri tahu kepada orang-orang terdekatmu supaya mereka mendukung dengan mengingatkan kamu saat tergoda merokok.

2. Cari alternatif pengganti rokok

Berdasarkan Lembaga Kesehatan Nasional, permen karet efektif sebagai pengganti nikotin. Dengan mengunyah permen karet, hasrat untuk mengonsumsi nikotin bisa teralihkan. Atau kamu juga bisa mengganti keinginan untuk merokok dengan ngemil makanan ringan yang sehat.

3. Berolahraga

Olahraga ringan seperti jogging bisa membantu proses berhenti merokok secara permanen. Aktivitas ini dapat meningkatkan mood dan stamina serta menghilangkan stres akibat kecanduan rokok.

Gejala-gejala yang timbul saat kamu berhenti merokok seperti insomnia, sulit berkonsentrasi, dan depresi juga bisa diminimalisir dengan berolahraga.

4. Menyibukkan diri

Sering berdiam diri justru rentan menimbulkan keinginan merokok. Carilah kesibukan yang bisa membuat kamu lupa dengan rokok. Isi waktumu dengan melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat seperti rekreasi atau olahraga.

5. Hindari alkohol

Berdasarkan sebuah studi, ada kaitan erat antara konsumsi alkohol dengan merokok. Saat minum alkohol, biasanya akan timbul keinginan untuk merokok. Supaya pertahanan diri yang sudah kamu bangun tidak runtuh, sebaiknya jauhilah minuman beralkohol.

6. Hindari pemicu

Situasi atau tempat tertentu seringkali bisa memicu dorongan merokok lebih kuat. Misalnya, seperti mengunjungi bar, saat merasa stres atau ketika minum kopi. Penting untuk mengetahui berbagai hal pemicunya sehingga kamu bisa mengantisipasinya.

7. Cobalah teknik relaksasi

Merokok sering dijadikan jalan pintas mengatasi stres. Alhasil, melawan keinginan merokok bisa membuat kamu semakin stres.

Teknik relaksasi adalah salah satu cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi stres. Opsi yang bisa dipilih yaitu, melakukan pernapasan dalam, relaksasi otot, yoga, pijat, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

8. Libatkan orang terdekat

Sobat Holopis harus memberitahu keluarga dan teman sepergaulan saat dalam proses berhenti merokok.

Mereka dapat menjadi pendukung yang baik untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan merokok. Selain itu, memberitahu orang terdekat dapat membuat mereka menawarkan rokok kepada anda.

9. Sedia camilan

Pernah dengar ungkapan perokok jika tidak merokok mulut akan terasa tidak enak? Saat fase menghindari rokok, Sobat Holopis akan merasakan hal ini. Untuk mengatasinya, sediakan camilan, permen, atau buah-buahan untuk menggantikan rokok.

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Wajib Coba! Nih Buah yang Bagus untuk Kulit Kering

29 November 2022 - 10:56 WIB

Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Biji Alpukat untuk Tubuh

28 November 2022 - 19:57 WIB

manfaat biji alpukat

4 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah

28 November 2022 - 16:16 WIB

manfaat lada hitam

Manfaat Anak Main Game, Tingkatkan Kemampuan Kognitif 

27 November 2022 - 20:05 WIB

main game

Selain Dehidrasi, Waspada 5 Bahaya Mengancam Jika Kekurangan Minum Air Putih

27 November 2022 - 19:40 WIB

Kekurangan Minum

Banyak Ditemukan di Jalan, Berikut Manfaat Bunga Telang

27 November 2022 - 11:27 WIB

manfaat bunga telang
Trending di Kesehatan