Friday, 29 March 2024
HomeBeritaHati-Hati, 5 Jenis Tanaman Beracun Ini Bisa Mematikan

Hati-Hati, 5 Jenis Tanaman Beracun Ini Bisa Mematikan

Bogordaily.net – Di seluruh dunia, ada ratusan bahkan mungkin ribuan beracun, yang beberapa di antaranya mematikan. Banyak yang telah mengembangkan kemampuannya untuk mencegah bagian dari tubuhnya diambil, baik itu daun, kulitnya, batang, ataupun bunga.

Kemampuan ini sebagai bentuk pertahanan kimiawi yang akan melindungi mereka dari para “predator”. Bagi manusia, beberapa pertahanan kimia ini dapat menyebabkan reaksi kulit yang menyakitkan.

Dilansir dari The Spruce, Jumat, 23 September 2022 berikut beberapa jenis yang beracun bagi anak-anak.

1. Pokeweed

Semua bagian dari Pokeweed (Phytolacca americana) berpotensi mematikan dan dianggap beracun.

Alasan mengapa Pokeweed sering muncul di pekarangan rumah adalah karena burung liar memakan buah beri, kemudian mereka menyimpan bijinya, yang dapat bertunas di tepi taman atau di beberapa area lanskap yang terabaikan.

2. . Doll's eye

Seperti Pokeweed, Actaea pachypoda atau Doll's eye alias white banberry memiliki batang berwarna merah muda kemerahan. Semua bagian ini beracun jika Anda memakannya dalam jumlah yang cukup banyak.

Buah ini yang menyerupai beri kerap menarik perhatian. Namun, ingat bahwa buah tersebut beracun, bahkan kontak dengan daunnya saja bisa menyebabkan ruam kulit

3. Bittersweet nigtshade

ini dikenal beracun, namun sering dijumpai di pekarangan rumah. Burung liar memakan buah beri dan menyebarkan benih di sekitar kotorannya.

Anak-anak tergoda untuk makan buah bernama ilmiah Solanum dulcamara ini karena sangat cantik, menampilkan banyak warna berbeda sekaligus.

Buahnya yang menyerupai beri ini berubah warna saat matang, yakni hijau di awal, lalu kuning, jingga, dan terakhir, merah.

4. Brugmansia atau bunga terompet

bunga terompet ini memiliki keharuman yang memikat. Akan tetapi, semua bagian tanaman tropis ini bisa sangat beracun jika dimakan dalam jumlah banyak. Bahkan jumlah yang lebih kecil dimakan oleh anak-anak dapat membuat mereka sakit.

Sayangnya, peringatan toksisitas lebih dari sekadar memastikan tidak ada yang menelan tanaman. Memotong daun atau cabang tanaman terompet dapat menyebabkan keluarnya getah.

Beberapa orang mengalami masalah kesehatan ketika getah ini hanya bersentuhan dengan kulit mereka, dan reaksi yang lebih parah jika getah mengenai mata mereka. Saat memangkas Brugmansia, kenakan sarung tangan, lengan panjang, dan kacamata.

5. Oleander atau bunga jepun

Semua bagian tanaman Oleander (Nerium oleander) dapat menyebabkan kematian jika dimakan dalam jumlah yang cukup. Seolah-olah itu belum cukup buruk, kontak dengan dedaunan tanaman dapat menyebabkan ruam.(*)

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here