Cara Halus Menolak Permintaan Teman yang Ingin Pinjam Uang

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Ekonomi ยท 28 Sep 2022 19:14 WIB

Jadi Kebiasaan, Ini Cara Halus Menolak Permintaan Teman yang Ingin Pinjam Uang


 Tips Menolak Tean yang Ingin Pinjam Uang. (solopos/Bogordaily.net) Perbesar

Tips Menolak Tean yang Ingin Pinjam Uang. (solopos/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Terkadang, sulit menolak permintaan teman yang ingin pinjam uang karena tidak enak, iba, atau takut tersinggung. Padahal, kamu berhak untuk tidak memberikannya karena itu uangmu. Kamu tidak bisa selalu menolong teman jika kondisinya memang tidak memungkinkan.

Bukannya pelit, tapi kalau memang lagi gak ada duit, mau gak mau harus tega menolak, dong. Bilang tidak itu hakmu, tetapi ingat harus tetap disampaikan dengan santun, ya. Berikut lima cara menolak permintaan teman yang mau pinjam uang secara halus.

1. Tanyakan dulu untuk apa

Kamu boleh bertanya tujuan temanmu meminjam uang untuk apa. Kalau hanya untuk kebutuhan konsumtif yang tidak terlalu penting, kamu bisa kok langsung menolak. Cara ini sebenarnya lebih bisa digunakan untuk teman yang sudah akrab.

Kamu bisa ajak dia berdiskusi dan memberikan penjelasan secara baik-baik kenapa tidak bisa memberikannya pinjaman. Yang terpenting jangan keluarkan kata-kata yang bisa menyinggung perasaannya, khawatir dia akan tersinggung.

Teman yang baik tidak akan membiarkan temannya jatuh lebih jauh ke dalam lubang kesalahan. Meminjam uang hanya untuk kebutuhan konsumtif tidak penting.

2. Jelaskan kondisi yang sebenarnya

Kalau memang sedang tidak bisa membantu atau sama-sama dalam keadaan sulit, jelaskan saja kondisi kamu yang sebenarnya. Jangan merasa gak enak atau iba karena penderitaan teman dirasa lebih berat.

3. Berikan alternatif lain

Ada kalanya kamu memang tidak ingin memberikan teman pinjaman uang meski sedang ada uang. Bukan karena pelit, pasti kamu punya alasan tersendiri. Kamu bisa memberikan masukan yang solutif sebagai alternatif bagi teman untuk mendapatkan uang. Misalnya, berikan saran untuk mencari kerjaan sampingan atau memulai bisnis sesuatu yang dia bisa.

4. Sedikit berbohong

Cara ini sebenarnya tidak begitu disarankan karena memang lebih baik jujur dibandingkan berbohong. Kalau sudah kepepet banget karena teman terlalu memaksa, bolehlah keluarkan jurus paling akhir ini, tapi konsekuensi ditanggung sendiri kalau ternyata ketahuan bohong, ya! Kamu bisa bilang uang kamu sudah digunakan untuk keperluan pribadi yang penting, seperti bayar listrik atau bayar kontrakan.

5. Berikan uang semampunya

Terkadang kamu keberatan meminjamkan uang ke teman bukan karena gak ada duit, tapi risiko setelahnya yang bikin gawat. Banyak cerita, orang ditagih utangnya malah lebih galak ketimbang yang punya uang. Belum lagi jika hal semacam itu benar-benar terjadi, malah bikin pertemanan kalian hancur, kan.

Makanya, daripada meminjami doi uang sesuai jumlah yang diminta. Lebih baik beri saja temanmu uang semampunya dan jangan dihitung sebagai utang. Ikhlaskan uang tersebut anggap sedang bersedekah. Meskipun gak banyak membantu, tapi setidaknya kamu sudah menyelamatkan hubungan persahabatan kalian, lho.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

KemenKopUKM Dorong Koperasi Nelayan di Malra Merger agar Lahirkan Koperasi Modern

29 November 2022 - 09:32 WIB

Daftar Upah Mininum Provinsi 2023, Tertinggi & Terendah Provinsi Mana? Cek di Sini

29 November 2022 - 07:24 WIB

upah minimum provinsi

MenKopUKM Sampaikan 26 Rekomendasi Kebijakan dalam Gelaran G20

28 November 2022 - 22:33 WIB

Kebijakan G20

3 Cara Tepat Memilih Asuransi Properti ala Qoala

28 November 2022 - 16:28 WIB

Qoala

BRILiaN Young Leader Indonesia, Wadah bagi Talenta Muda Kembangkan Kompetensi dan Prestasi

28 November 2022 - 14:35 WIB

KemenKopUKM Perkuat Strategi Tingkatkan Kapasitas Usaha Mikro di Makassar Agar Naik Kelas

27 November 2022 - 19:03 WIB

Usaha Mikro Makassar
Trending di Ekonomi