Thursday, 16 May 2024
HomeBeritaJadi Obat Mujarab, Tertawa Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Jadi Obat Mujarab, Tertawa Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Bogordaily.net – Tertawa sudah sejak lama dipercaya sebagai obat mujarab untuk mengembalikan semangat. Selain itu, ternyata ada beragam yang perlu Anda ketahui.

Penasaran apa saja bagi ? Berikut ulasannya seperti melansir dari berbagai sumber.

1. Mengurangi stres

Tertawa dapat mengurangi tingkat stres yang Anda alami. Saat tertawa, beban pikiran akan sedikit berkurang, sehingga perasaan Anda akan lebih lega.

Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi hormon pemicu stres, seperti kortisol, epinefrin (adrenalin), dan dopamin, serta meningkatnya produksi hormon endorfin saat tertawa.

2. Mengurangi depresi

Selain bisa mengurangi tingkat stres, tertawa juga bisa menurunkan risiko terjadinya depresi dan gangguan kecemasan. Tertawa mampu menetralkan segala emosi negatif yang dapat mengakibatkan depresi.

Meski bagi masih perlu diteliti lebih lanjut, namun tidak ada salahnya menghiasi hari-hari Anda dengan tawa. Ketika menghadapi suatu masalah, cobalah untuk melihatnya dari sisi lain dan tertawakanlah “kebodohan” yang mungkin telah Anda perbuat, agar Anda dapat merasa lebih baik.

3. Meningkatkan jantung

Tertawa adalah latihan kardio yang sangat baik, terutama bagi mereka yang tidak bisa melakukan aktivitas fisik lainnya karena cedera atau sakit.

Ini meningkatkan detak jantungmu dan membakar jumlah kalori yang sama per jamnya dengan berjalan lambat hingga sedang. Jadi, tertawa menjadi jalan menuju yang baik.

4. Tingkatkan suasana hati

Tertawa tentu akan membuatmu merasa lebih bahagia, melepaskan endorfin di otak, dan bisa meningkatkan mood Anda. Bahkan, tertawa yang relatif singkat per hari bisa menurunkan kadar hormon stres.

Banyak individu mengalami stres, yang bisa diperparah oleh penyakit kronis. Tertawa bisa membantu mengurangi stres, Depresi dan kecemasan, serta membuatmu merasa lebih bahagia. Ini juga bisa membantumu merasa lebih baik tentang diri sendiri.

5. Membantu seluruh tubuh rileks

Tertawa yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh dapat meredakan ketegangan dan stres fisik.

Selepas tertawa, seluruh tubuh bisa rileks selama 45 menit kemudian.(*)

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here