Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaTanpa Disadari, Jalan Kaki Cepat Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak, Yuk Simak!

Tanpa Disadari, Jalan Kaki Cepat Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak, Yuk Simak!

Bogordaily.net menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan , termasuk mencegah penurunan kognitif. Bahkan studi dalam JAMA Neurology menyebut dengan lebih cepat setiap hari lebih bagus lagi manfaatnya.

Seperti dilansir dari laman Insider, studi memperlihatkan berjalan 10 ribu langkah sehari ideal untuk meningkatkan . Namun berjalan lebih cepat tampak lebih bagus lagi untuk otak.

Para peneliti dari University of Sydney melihat data dari 78.430 orang dewasa yang sebagian besar berkulit putih di Inggris, berusia 40-70 tahun. Mereka lalu membandingkan jumlah langkah, kecepatan rata-rata, dan hasil selama sekitar tujuh tahun.

Peneliti menemukan untuk setiap 2.000 langkah peserta per hari, rata-rata risiko kematian dini mereka 8-11 persen lebih rendah. Tetapi, berjalan kaki 3.800 langkah sehari memiliki manfaat, khususnya untuk otak, mengurangi risiko demensia hingga 25 persen.

“Orang yang berjalan sekitar 9.800 langkah per hari memiliki risiko demensia 50 persen lebih rendah,” ungkap peneliti, dikutip dari PMJ, Rabu 21 September 2022.

Kecepatan dan intensitas berjalan juga membuat perbedaan pada hasil . Berjalan kaki yang lebih cepat menunjukkan manfaat yang lebih besar untuk kognitif dan pencegahan penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Kecepatan optimal untuk berjalan kaki selama 30 menit adalah sekitar 112 langkah per menit. Sebuah studi lain menemukan berjalan cepat, lebih dari tiga mil per jam atau setara 1,6 km per jam, paling efektif untuk memperlambat tanda-tanda penuaan biologis.

Selain itu, satu studi tahun 2019 juga memperlihatkan manfaat jalan kaki bagi . Menurut studi tersebut, berjalan 4.400 langkah per hari tampaknya mengurangi risiko kematian dini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here