Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaJangan Asal Bilang Malas! Ini yang Bikin Ibu Hamil Suka Rebahan

Jangan Asal Bilang Malas! Ini yang Bikin Ibu Hamil Suka Rebahan

Bogordaily.net–  Wanita yang sedang mengalami banyak perubahan. Bukan hanya secara fisik, tetapi juga hormon dalam tubuh. Salah satunya menjadi mudah lelah dan lebih sering tidur alias rebahan. Bukan berarti malas, perempuan yang lebih sering rebahan sebenarnya hal normal dalam pandangan medis.

Dokter Umum dr. Jeffry Kristiawan menyebut ada beberapa mengapa perempuan lebih doyan rebahan. Sebagaimana dikutip Suara.com dari laman YouTube Tanyakan Dokter, berikut penyebabnya:

Efek Perubahan Hormon

Saat , kadar hormon progesteron pada perempuan akan meningkat. Hormon tersebut penting untuk keselamatan janin karena salah satu fungsinya menjaga kandungan tetap kuat. Namun kenaikan hormon progestoron juga bisa memicu beberapa efek samping, salah satunya tubuh jadi gampang lelah dan masalah pencernaan lainnya.

“Misalnya, perut jadi sering begah, perut jadi sering sakit atau istilahnya sembelit, susah buang air besarnya. Belum lagi mungkin sering muncul ambeien juga ketika ,” kata dr. Jeffry.

Perubahan Tubuh

juga akan mengubah berat badan perempuan. Ukuran perut akan ikut membesar. Efek sampingnya, tubuh jadi sering pegal-pegal, kemudian tidur serba tidak nyaman. Perut yang semakin besar juga akan menekan kantung kemih. Akibatnya, akan lebih sering buang air kecil, termasuk saat malam hari ketika sedang tidur.

“Tentunya tidur jadi berkurang, ini yang menyebabkan jadi kesannya itu pengen tidur terus, ngantuk, terus kelihatan capek. Jadi ini sebenarnya normal-normal,” katanya.

Merasa Cemas Jelang Persalinan

Perasaan cemas biasanya lebih sering terjadi pada perempuan yang baru anak pertama. Rasa cemas menjelang persalinan terjadi ketika hamil sudah masuk trimester ketiga. Apabila itu terjadi terus menerus bisa menggangu waktu tidurnya. Akibatnya, tubuh kurang beristirahat dan jadi mudah lelah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here