Jangan Duduk Terlalu Lama, Ada Bahaya yang Mengintai

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kesehatan · 8 Sep 2022 12:05 WIB

Jangan Duduk Terlalu Lama, Ada Bahaya yang Mengintai


 Akibat yang Disebabkan Karena Duduk Terlalu Lama. (insidenpontianak/Bogordaily.net) Perbesar

Akibat yang Disebabkan Karena Duduk Terlalu Lama. (insidenpontianak/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Bagi pekerja kantor, duduk seharian dan berkutat dengan pekerjaan di komputer atau laptop bisa dibilang adalah makanan sehari-hari. Namun,  terlalu banyak duduk dalam waktu yang lama bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Sebuah studi yang dilakukan American Cancer Society menemukan hubungan antara duduk terlalu lama dengan meningkatnya risiko kematian akibat berbagai penyebab.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang mengintai, jika duduk terlalu lama:

1. Gangguan pembuluh darah

Terlalu lama duduk bisa memicu penggumpalan darah di ara kaki. Hal ini bisa membuat tungkai bawah dan kaki Anda terasa pegal dan bengkak.

Dalam kasus terburuk, Anda bisa mengalami deep vein thrombosis (DVT), kondisi berbahaya yang bisa menyebar ke paru-paru.

2. Sakit punggung dan masalah tulang belakang

Duduk dalam waktu lama memberikan tekanan yang signifikan pada struktur tulang belakang serta sendi lainnya, seperti bahu dan pinggul, terutama ketika duduk dengan postur yang buruk.

uduk juga dapat menyebabkan penurunan kondisi secara keseluruhan, kelelahan otot dini, penstabil inti yang melemah, dan pengencangan fleksor pinggul, yang mengakibatkan peningkatan tekanan pada punggung bawah dan berkurangnya fleksibilitas tulang belakang.

Kondisi ini juga mempengaruhi otot-otot bokong gluteal dari waktu ke waktu, yang menyebabkan penonaktifan dan melemahnya otot-otot tersebut.

3. Penyakit jantung

Terlalu banyak duduk membuat aktivitas fisik berkurang, yang merupakan faktor utama pemicu penyakit jantung.

Menurut ahli jantung Rachel Lampert terlalu banyak duduk juga berdampak pada hal-hal seperti pengaturan gula dan tekanan darah karena bisa mengubah fungsi normal pembuluh darah.

4. Kanker

Semakin lama waktu Anda untuk duduk juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Kanker yang dimaksud, yakni kanker usus besar endometrium, atau paru-paru.

Bahkan pada wanita yang lebih tua memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena kanker payudara.

Satu ulasan dalam Journal of National Cancer Institute melaporkan bahwa untuk setiap tambahan 2 jam per hari yang dihabiskan untuk duduk, risiko terkena kanker usus besar dan kanker endometrium melonjak sebanyak 8 persen dan 10 persen.

5. Obesitas

Ketika Anda duduk terlalu lama, kalori dalam tubuh yang terbakar hanya sedikit. Maka, kemampuan hormon insulin untuk memindahkan glukosa dari darah dan masuk ke dalam sel dapat menurun.

Dikutip dari Healthline, bergerak menyebabkan otot tubuh melepaskan molekul seperti lipoprotein lipase, yang membantu memproses lemak dan gula yang Moms makan.

Namun, ketika Anda menghabiskan sebagian besar hari untuk duduk, pelepasan molekul-molekul ini berkurang dan bagian belakang berisiko lebih besar melebar.(*)

 

(Riyaldi)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pakai Ramuan Alami, Ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut  

2 Desember 2022 - 10:59 WIB

Peduli Kesehatan Kulit, Emak-emak Gang Kepatihan Ngariung Bareng Aa’ Reandi

1 Desember 2022 - 18:54 WIB

Ngariung sehat

Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Download Link Twibbon di Sini

1 Desember 2022 - 08:38 WIB

Momen HKN, Dinkes Kabupaten Bogor Fokus Pada Penanganan Stunting

30 November 2022 - 22:13 WIB

penanganan stunting

Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 

30 November 2022 - 16:21 WIB

munculnya uban

Pertanda Kolesterol Tinggi, Sering Nyeri Pinggul

30 November 2022 - 15:48 WIB

Nyeri Pinggul
Trending di Kesehatan